Ekonomi BisnisSeni BudayaTabanan

Lima Warna Bunga Gemitir Bali Sudamala

    TABANAN, Kilasbali.com – Lima warna bunga Gemitir Bali Sudamala yaitu warna merah, putih, kuning, emas, dan orange.

    Bunga itu mulai ditanam oleh Gubernur Bali, Wayan Koster, Rabu 31 Mei 2023, dan panen perdana, Rabu 19 Juli 2023 dengan menghasilkan lim warna bunga Gemitir Bali Sudamala.

    Pengembangan benih bunga Gemitir Bali Sudamala yang dilakukan Gubernur Koster, sebagai langkah nyata untuk memberikan kesejahteraan kepada para petani di Bali, sesuai prinsip Trisakti Bung Karno.

    Salah satunya mewujudkan berdikari secara ekonomi, sekaligus menghentikan laju impor benih bunga gemitir melalui transformasi perekonomian Bali dengan ekonomi kerthi Bali.

    Baca Juga:  32 Atlet Tabanan Dipastikan Ikuti PON Aceh-Sumut 2024

    “Bunga gemitir Bali Sudamala juga sebagai penegas bahwa Kita sebagai negara agraris, bisa berdaulat di bidang pangan,” ujar Koster dalam siaran pers redaksi Kilasbali, Rabu (9/8).

    Dikatakan, perlu diketahui, selama ini petani menanam benih bunga gemitir impor senilai Rp. 30 miliar per tahun.

    Kebutuhan Bali terhadap bunga gemitir sangatlah tinggi dengan jumlah yang besar untuk upacara adat dan keagamaan hingga dekorasi.

    Baca Juga:  Gerak Cepat Panwascam Se-Tabanan Rekrut PKD
    Gemitir Bali Sudamala.foto/ist

    Sehingga perdagangan bunga gemitir di pasar-pasar setidaknya mencapai angka Rp. 200 miliar per tahun.

    “Dalam 2-3 tahun ke depan, petani Bali sudah menanam benih bunga gemitir Bali sudamala yang dikembangkan sendiri di Bali, sekaligus tidak ada lagi yang namanya impor,” harapnya. (jus/kb)

     

    Back to top button