Seni BudayaTabananTokoh

Karya Nyatur Desa Cau Belayu

    TABANAN, Kilasbali.com Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menghadiri Upacara Dewa Yadnya Karya Nyatur di Pura Dalem Prajapati, Banjar Adat Padangaling, Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Selasa (15/8).

    “Sungguh berbahagia sekali tiang bisa hadir ngupasaksi Karya Nyatur yang dilaksanakan krama tiang, semeton tiang disini di Padang Aling, di mana sudah tercantum dalam perarem Adat. Jadi, disini tugas Bendesa dan seluruh krama tetap menjaga dan melestarikan tradisi, seni, adat, agama dan budaya yang ada. Ini bagus sekali, karena apa yang dilakukan krama merupakan implementasi dari visi misi Gubernur dan tiang di Pemerintah Kabupaten Tabanan,” ujar Bupati Sanjaya.

    Baca Juga:  Duta Kota Denpasar Persembahkan ‘Ida Cokorda Mantuk Ring Rana’ di Pawai Pembukaan PKB

    Hal inilah yang selalu diharapkan pihaknya, dimana merupakan cerminan dalam mewujudkan visi Pemkab Tabanan, yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani yang linier dengan visi Gubernur Bali. Visi ini berbasis nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi, yaitu Atma Kerthi, Segara Kerthi, Danu Kerthi, Wana Kerthi, Jana Kerthi serta Jagat Kerthi yang meliputi 5 (lima) bidang prioritas, yang mana Karya ini mencerminkan pencapaian dalam bidang tradisi, seni, adat, agama dan budaya.

    “Tabanan ini bisa Aman, Tabanan ini bisa Unggul, dan Tabanan ini bisa Madani atau Sejahtera, asal pemerintah sudah menjalankan 5 skala prioritas tersebut yang merupakan fundamental pembangunan di Tabanan. Nangun Sat Kerthi Loka Bali, salah satu sudah dijalankan krama disini berupa upacara Dewa Yadnya Karya Nyatur di Pura Dalem setempat. Bhakti ini harus tetap dilakukan, begitu juga semangat gotong-royong dalam menjaga dan melestarikan warisan adiluhung leluhur, sehingga bisa dinikmati oleh generasi kita kedepan,” pinta politisi asal Dauh Pala Tabanan itu.

    Baca Juga:  Polres Tabanan Tangkap 9 Tersangka Narkotika, Satu di Antaranya Ibu Rumah Tangga

    Senada dengan Bupati Sanjaya, I Ketut Dirka selaku Manggala Karya mewakili seluruh krama, menyampaikan sangat bangga bisa menjaga serta turut berkontribusi melestarikan warisan leluhur yang ada. Begitupun juga pihaknya mengaku dalam menyongsong Karya ini, seluruh krama secara tulus ikhlas serta penuh semangat gotong-royong. Pihaknya berharap, Bupati beserta jajaran dan pihak legislatif selalu membantu pembangunan yang dilakukan pihaknya. (m/kb)

    Back to top button