PolitikTabananTokoh

Buntut Pencoretan Nyoman Muliadi Ribuan Warga Gelar Aksi

    TABANAN, Kilasbali.com – Buntut pencoretan nama Nyoman Muliadi, ribuan warga menggelar aksi solidaritas. Hal ini dikarenakan salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan dicoret dari daftar calon sementara (DCS) Pileg 2024.

    Warga Kediri tidak terima lantaran, proses pencoretan dinilai tidak sesuai harapan masyarakat. Sebab, masyarakat Kediri merasa membutuhkan perwakilan di Provinsi. Dengan alasan memiliki suara terbesar di kabupaten Tabanan dengan DPT 68.010 suara.

    Tentu akan menjadi preseden buruk ketika, orang Kediri yang notabene pemilik suara besar namun tidak memiliki wakil di Provinsi.

    Koordinator aksi, Dewa Putu Alit Arta mengatakan, bahwa berkenaan dengan proses pencalegan pileg 2024, masyarakat telah mengikuti dan memperhatikan bahwa sesuai dengan rekomendasi DPP nama I Nyoman Mulyadi, yang sudah diusulkan dari struktur anak ranting, ranting dan PAC Kediri bahkan sudah di usulkan pula oleh DPC PDI Perjuangan Cabang Tabanan.

    Kemudian, dari usulan itu dibawa ke DPD PDI P Bali. Nyoman Mulyadi pada usulan itu dengan nomor urut 5. Akan tetapi, pada proses pleno di DPD untuk dibawa ke DPP, tidak memperoleh rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan. “Sehingga ada tuntutan ini bahwa Nyoman Mulyadi harus menjadi caleg di Pileg 2024,” katanya.

    Baca Juga:  Kodam IX/Udayana Siagakan Satgas Evakuasi KTT WWF

    Menurut dia, dari proses penjaringan di bawah (ranting dan PAC) hingga ke DPC, sudah sesuai nama Nyoman Mulyadi masuk ke DCS. Hanya saja, bahwa proses di DPD untuk dibawa ke DPP, tidak muncul nama Nyoman Mulyadi.

    Hal ini, menjadi kealpaan DPD atas kader yang sudah benar-benar dipilih oleh rakyat Kediri. Buktinya saja, saat ini pada Rabu 16 Agustus 2023, 2.795 warga Desa Adat di Kecamatan Kediri turun untuk melakukan aksi solidaritas. Dan ini baru saja perwakilan dari warga Desa Adat di Kecamatan Kediri. Belum seluruh warga yang mendukung Nyoman Mulyadi, menjadi wakilnya di DPRD Tingkat 1.

    Baca Juga:  Kunjungan ke Tanah Lot Meningkat Selama WWF 2024

    “Yang kami sayangkan nama Nyoman Mulyadi ini tidak dikirim oleh DPD ke DPP. Padahal Nyoman Mulyadi merupakan kader PDI P yang benar-benar sudah berbuat untuk rakyat Kediri,” tegasnya.

    Enam poin tuntutan yang menjadi, sambungnya, yakni pertama Kecamatan Kediri memiliki potensi yang sangat besar pendukung suara dengan Kecamatan pemilih terbanyak DPT 68.010 pemilih. Kemudian, I Nyoman Mulyadi, satu-satunya calon didukung penuh oleh anak ranting, ranting dan pac Kediri untuk maju sebagai calon DPRD Provinsi Bali.

    Poin ketiga, yang bersangkutan sebagai ketua PAC Kediri dan sudah tidak diragukan lagi kekaderan dan supportnya untuk masyarakat dan membesarkan partai PDI Perjuangan.
    “Ke empat Apabila kami di Kecamatan Kediri tidak ada mewakili aspirasi sebagai calon DPRD Provinsi dikhawatirkan suara PDIP turun drastis,” tegasnya.

    Yang kelima menjadi poin dan bahan pertimbangan adalah, masyarakat mendesak supaya Kediri ada perwakilan dengan alasan terdapat dua Kecamatan yang jumlah pemilihnya lebih sedikit. Akan tetapi memperoleh masing-masing dua calon ke DPRD Provinsi. Yakni Kecamatan Marga dengan DPT 35.256 dua calon, dan Kecamatan Penebel dengan DPT 42.858 dengan dua calon juga.
    “Bahkan ada calon yang tidak menduduki struktur partai tetapi memperoleh rekomendasi,” tegasnya lagi.

    Dewa mengaku, bahwa mempertimbangkan sesuai hasil Rakernas dengan Surat Keputusan Partai bahwa diutamakan jabatan struktural dan mempertimbangkan keterwakilan daerah pemilihan.

    Baca Juga:  Disbud Klaim Persiapan PKB 2024 Sudah 90 Persen

    “Dengan pertimbangan tersebut, dengan tidak mengurangi rasa hormat dan tunduk aturan Partai PDI Perjuangan maka seluruh elemen Masyarakat Kediri dengan didukung oleh Pendukung Solid. Yakni elemen masyarakat Se Kecamatan Kediri mohon untuk dipertimbangkan usulan aspirasi kami DPD dan DPP PDI Perjuangan memberikan rekomendasi Bapak I Nyoman Mulyadi, S.H. sebagai calon DPRD Tingkat I provinsi Bali di pileg 2024. Kami siap mengamankan dan memenangkan PDIP Perjuangan yang kita cintai,” pungkasnya. (m/kb)

    Back to top button