DenpasarNews Update

Cok Ace Kukuhkan Paskibraka Bali 2023

    DENPASAR, Kilasbali.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bali Tahun 2023 di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Selasa, 15 Agustus 2023.

    Upacara pengukuhan diawali dengan kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan penghormatan pasukan kepada Wagub Cok Ace yang bertindak selaku pembina upacara.

    Berikutnya dibacakan pengantar pengukuhan yang diikuti pengucapan  Ikrar Putra Indonesia dipandu Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Bali I Made Dana Tenaya. Suasana pengukuhan terasa makin khidmat saat prosesi mencium Sang Merah Putih oleh pemimpin upacara I Komang Rio Arjana yang diiringi kumandang lagu ‘Bagimu Negeri’.

    Pengukuhan Paskibraka Bali ditandai dengan pembacaan pernyataan pengukuhan oleh Wagub Cok Ace yang dilanjutkan dengan pemasangan lencana kehormatan dan kendit kepada I Komang Rio Arjana. Upacara pengukuhan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada Paskibraka Bali 2023 oleh Wagub Cok Ace dan jajaran Forkopimda serta Pimpinan OPD Pemprov Bali yang hadir.

    Baca Juga:  Tujuh Hari Menghilang, Nenek Padit Ditemukan Tak Bernyawa di Dasar Jurang

    Cok Ace menyampaikan bahwa prosesi pengukuhan adalah momentum yang sangat mengharukan bagi para pelajar yang tergabung dalam Paskibraka Bali Tahun 2023. “Setelah sekian minggu digembleng, tidak saja disiplin dan baris berbaris tapi juga pemahaman tentang wawasan kebangsaan, tentu ini menjadi momen baik dan sangat ditunggu-tunggu,” ujarnya.

    Ia berharap, sekembalinya ke sekolah atau lingkungan tempat tinggal, pelajar yang tergabung dalam Paskibraka Bali Tahun 2023 bisa menjadi contoh dan panutan bagi teman-teman mereka. Sehingga dengan demikian, generasi penerus mampu mewarisi serta meneruskan semangat para pahlawan.

    “Memang saat ini kita tak lagi berperang dengan mengangkat senjata melawan penjajah. Namun semangat pahlawan kita butuhkan untuk melawan musuh seperti kebodohan dan ketidakdisiplinan,” urainya.

    Baca Juga:  Indonesia Cetak Berbagai Rekor di WWF ke-10

    Cok Ace menyampaikan selamat bertugas kepada Paskibraka Bali Tahun 2023 dalam puncak peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang akan dilaksanakan pada Kamis (17/8) di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar.

    Sementara itu, Pembina Paskibraka Provinsi Bali I Wayan Darma Sasmara menyampaikan, Paskibraka yang dikukuhkan berjumlah 36 orang dan nantinya akan mengisi formasi pasukan 17 dan 8.

    Berbeda dari sebelumnya, seleksi tahun ini menerapkan sistem tarung bebas, bukan lagi berbasis kuota per kabupaten/kota. Sebelum dikukuhkan, Paskibraka Bali Tahun 2023 telah mengikuti proses pelatihan dari tanggal 5 Agustus 2023. (m/kb)

    Back to top button