GianyarNews UpdatePendidikanPolitik

Perkenalkan Ini, Bawaslu Sambangi SMAN 1 Sukawati

    GIANYAR, Kilbasli.com – Bawaslu menyambangi SMAN 1 Sukawati, Sabtu (30/9). Selain untuk memperkenalkan kelambagaan, Bawaslu juga sosialisasi tentang kepemiluan, dan juga patroli kawal hak pilih kepada pemilih pemula yang juga merupakan Kaum Milenial.

    Tampak hadir dalam acara itu, Anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar, Ni Luh Putu Reika Chrisyanti yang hadir bersama I Wayan Gede Sutirta dengan didampingi oleh Panwaslu Kecamatan Sukawati.

    Reika mengatakan, terdapat tiga penyelenggara yaitu KPU sebagai penyelenggara teknis, kemudian Bawaslu sebagai pengawas, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

    “Untuk adik-adik sekalian, dalam menggunakan hak pilihnya nanti tentu penggunaan hak pilih tersebut berdasarkan asas pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” terang Reika

    Baca Juga:  Tujuh Hari Menghilang, Nenek Padit Ditemukan Tak Bernyawa di Dasar Jurang

    Reika juga menyampaikan, tujuan dari kehadiran Bawaslu Gianyar adalah untuk menguatkan pemahaman tentang kepemiluan kepada para siswa.

    Terlebih, para siswa dapat turut melakukan pengawasan dari hal terkecil terhadap diri sendiri dalam hajatan Pemilu 2024

    “Adik-adik dapat turut serta terlibat, salah satunya dengan cara melakukan pengecekan terhadap diri sendiri apakah sudah terdaftar dalam DPT atau belum, hal tersebut sebagai bentuk partisipasi pengawasan daftar pemilih dengan melakukan pengecekan diri kita yang sudah memiliki hak pilih memastikan agar diri sendiri dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 nanti,” terang Reika.

    Baca Juga:  Gruduk Kantoran, Tim DLH Temukan Sampah 'Satu Lobang Rame-rame'

    Dalam acara itu, Bawaslu Gianyar bersama Panwaslu Kecamatan Sukawati, memandu para siswa SMAN 1 Sukawati  untuk melakukan pengecekan dirinya pada aplikasi Cek DPT Online untuk memastikan apakah sudah masuk dalam DPT atau belum.

    Sementara itu, Anggota Bawaslu Gianyar I Wayan Gede Sutirta menjelaskan, pemilu merupakan hal yang sangat penting sebagai sarana kedaulatan rakyat.

    Hasil dari Pemilu akan mempengaruhi seluruh kehidupan sehari-hari melalui kebijakan yang dihasilkan dari Pemilu. Ia juga berharap agar seluruh masyarakat tidak apatis terhadap Pemilu.

    Baca Juga:  Gerak Cepat Panwascam Se-Tabanan Rekrut PKD

    “Pemilu dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil atau disingkat Luber Jurdil,” katanya.

    “Pastikan diri kalian sudah terdaftar dalam DPT dan gunakan hak pilih kalian nantinya karena hasil dari pemilu tentu akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari melalui kebijakan yang dihasilkan,” tegas Sutirta

    Dengan sosialisasi ini, Bawaslu Gianyar berharap masyarakat dapat berpartisipasi dan berperan aktif untuk mensukseskan Pemilu.

    Terlebih lagi turut melakukan pengawasan atau pencegehan untuk meminimalisir potensi pelanggaran karena sejatinya Pemilu ini merupakan sarana kedaulatan rakyat yang disiapkan untuk masyarakat dan hasilnya akan kembali ke masyarakat. (ina/kb)

    Back to top button