BadungCeremonial

Jokowi Resmi Tutup KTT AIS, Indoneisa Pioneer Forum Internasional

    MANGUPURA, Kilasbali.com – Konferensi Tingkat Tinggi Negara-negara Pulau dan Kepulauan atau Archipelagic and Island States Forum (KTT AIS Forum) resmi ditutup oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    Penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023, membuktikan bahwasannya Indonesia mampu menjadi pioneer forum bertaraf internasional.

    Pada pidato penutupannya, Presiden Jokowi mengatakan pelaksanaan KTT AIS merupakan salah satu komitmen Indonesia untuk bekerja sama di level yang lebih tinggi menjadi organisasi internasional dalam melakukan langkah-langkah konkret untuk penanganan isu kawasan dan isu dunia serta terus menyuarakan kepentingan negara-negara berkembang dan negara-negara kepulauan.

    “Indonesia merasa terhormat menjadi tuan rumah KTT AIS Forum, sebuah forum untuk penguatan kolaborasi antar negara kepulauan dan negara pulau yang dihubungkan oleh laut. Kolaborasi dan kesatuan negara kepulauan dan negara pulau sangat dibutuhkan untuk dapat tumbuh bersama dan mengatasi beragam tantangan yang ada,” kata Presiden Jokowi di Bali Nusa Dua Conference Center (BNDCC), Rabu (11/10).

    Baca Juga:  Duta Kota Denpasar Persembahkan ‘Ida Cokorda Mantuk Ring Rana’ di Pawai Pembukaan PKB

    Presiden Jokowi menambahkan, KTT AIS juga memberikan manfaat strategis terkait dengan penghitungan karbon laut dan pelestarian hutan bakau. Bagi Indonesia, laut bukan pemisah, tapi laut justru sebagai pemersatu, sebagai perekat dan penghubung.

    “Dalam KTT AIS, Indonesia mengajak seluruh negara yang hadir untuk tetap menjaga kesatuan dan kolaborasi walaupun di tengah dunia yang terbelah karena kolaborasi adalah kunci kemajuan. Laut bukan pemisah, tapi sebagai pemersatu, dan penghubung,” tambahnya.

    Sementara itu, Anggota Komisi III DPR RI, Andi Rio Idris Padjalangi memberikan apresiasi kepada Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo beserta jajarannya dalam mendukung pengamanan KTT AIS Forum 2023 di Bali. Andi juga berharap Polri terus menjaga nama baik Indonesia di mata dunia dalam mengamankan perhelatan ajang-ajang internasional yang diadakan di Indonesia.

    Baca Juga:  Wow!!! Transaksi Travex BBTF Ditarget Capai Rp 7,61 Triliun

    “Polri harus dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada tamu delegasi KTT AIS, tanpa adanya gangguan ancaman apa pun. Polri telah berhasil dalam mengamankan event KTT G20, KTT ASEAN, dan saat ini KTT AIS. Tentunya ini menjadi tugas besar bagi institusi Polri kedepannya,” ujar Andi.

    Senada, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi juga mengapresiasi pelayanan akses internet Telkom yang dinilai berjalan baik pada perhelatan event internasional ini.

    “Kualitas oke, kecepatan internetnya dapat ditingkatkan. Semoga Telkom terus bangga melayani bangsa,” pungkas Budi Arie. (m/kb)

    Back to top button