Ekonomi BisnisGianyar

Penuhi Kebutuhan Pangan, Gianyar Datangkan Ratusan Ton Beras Jawa

    GIANYAR, Kilbasli.com – Untuk memenuhi kebutuhan pangan di Gianyar, khususnya beras rupanya tidak sepenuhnya produksi daerah. Bahkan ratusan ton beras lokal asal Jawa yang mendominasi pasar.

    Dari data yang diterima, sebagian besar untuk kebutuhan di Kabupaten Gianyar berasal dari luar Bali. Hal itu terungkap dari pendataan untuk stok kebutuhan beras di Gianyar dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gianyar sejak beberapa hari terakhir.

    Baca Juga:  Pemerintah Provinsi Bali Raih WTP untuk ke-11 Kali

    Kabid Kabid Perlindungan konsumen dan Tertib Niaga, Disperindag, Heni Sriwahju mengatakan, turun ke sejumlah distributor besar di Gianyar untuk memantau stok beras. Selain itu juga dilakukan pengawasan harga beras.

    Di lingkungan distributor saat ini, jumlah stok beras di Gianyar sebanyak, 216 ton. Yang terdiri dari beras lokal, premium, beras lokal sendiri didatangkan dari jawa. “Hampir semua beras lokal di distributor didatangkan jawa,” ujar Heni, Senin (23/10).

    Baca Juga:  UNESCO Tetapkan Subak Bengkel Sebagai Demo Site Ecohydrology

    Namun hal tersebut hanya di kalangan distributor saja. Sementara di penggilingan lokal pihak tidak memiliki data tersebut, karena ranah pertanian.

    “Untuk data di distributor kami dapatkan setiap minggu, untuk dipengilangan lokal datanya di Dinas Pertanian. Begitu juga rata-rata kebutuhan beras per tonnya di Gianyar data tersebut dipegang Dinas Ketahan Pangan,” jelasnya.

    Sementara harga beras masih di angka 15.000 untuk beras lokal premium. 13.500-14.000 beras lokal. “Kami selalu monitoring untuk diketahui stock harga beras dan sekalian pengawasan harga beras di pasaran, agar konsumen tetap terlindungi. Serta menghindari distributor nakal,” tandasnya.  (ina/kb)

    Back to top button