GianyarTokoh

Ini Kunjungan Kerja Jokowi di Bali

    GIANYAR, Kilasbali.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau harga sejumlah komoditas pangan di Pasar Bulan, Kabupaten Gianyar, Bali. Peninjauan yang dirangkaian dengan sejumlah kegiatan kunjungan kerja Presiden ini dilaksanakan pada Selasa, 31 Oktober 2023.

    Jokowi dalam kesempatan tersebut bahwa hal pertama yang harus mesti diupayakan adalah mendorong bertambahnya produksi bahan pangan.

    “Sehingga jika supply (bahan pangan, red ) naik maka harga juga tidak ikut-ikutan naik,” kata Presiden didampingi Pj Gubernur Bali, SM Mahendra Jaya setelah melakukan kunjungan dan sekaligus menyapa sejumlah pedagang di Pasar Bulan.

    Oleh sebab itu, Presiden pun mengharapkan semua lembaga terkait untuk sekarang berfokus pada fase produksi guna mengendalikan harga bahan pangan. “Mentan saya minta fokus di urusan produksi beras. Sehingga yang harga yang belum bisa dikendalikan untuk turun lagi, “ tandasnya.

    Baca Juga:  Sukses Prabowo-Gibran, Gerindra Serius Rebut Tiket Perubahan Gianyar

    Selain itu Jokowi juga berpesan kepada kepala daerah untuk mengambil upaya strategis guna mengendalikan kenaikan harga komoditas terutama bahan pangan.

    “Kepala daerah saya perintahkan untuk mengintervensi jika ada kenaikan komoditas apapun dengan anggaran tidak terduga baik untuk distribusi, produksi atau lainnya. Untuk di Bali saya kira masih baik ( harga komoditas, red),” kata Jokowi setelah mengecek langsung di sejumlah pedagang pasar setempat.

    Jokowi dalam kesempatan tersebut juga memberikan bantuan sembako serta modal usaha kepada pedagang pasar dan pedagang kaki lima yang kebetulan berada di lokasi. Tak lupa, ia juga membagi-bagikan kaos kepada warga yang berkerumun.

    Baca Juga:  Teh Gobo, Teh Berbahan Dasar Sayur Gonda Ciri Khas Desa Bongan

    Selanjutnya, Jokowi juga menyerahkan bantuan pangan berupa beras kepada para penerima manfaat yang digelar di Balai Budaya Batubulan, Kabupaten Gianyar.

    Dalam Rangkaian kegiatan kungker di Provinsi Bali, Presiden Jokowi juga membuka secara resmi World Hydropower Congress 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung.  (m/kb)

    Back to top button