Ekonomi BisnisGianyar

Awal Tahun Baru 2024 Stok dan Harga Komoditi Pokok Stabil

    GIANYAR, Kilasbali.com – Mengawali tahun baru keberadaan dan harga komoditi kebutuhan pokok di Gianyar terbilang stabil.

    Meski masih ada komoditi kebutuhan pokok  yang bertahan di harga tinggi. Syukurnya, sebagian lainnya seperti bumbu-bumbuan, rempah, sayur dan daging mulai berangsur turun harga.

    Dari data yang diterima, komoditi yang masih di level harga tinggi didominasi beras kemasan premium.

    Terdapat pula sejumlah sayur mayur seperti tomat, kentang dan cabai besar malah meningkat. Disisi lain, masyarakat sedikit lega, lantaran cabe rawit yang paling banyak dikonsumsi mulai turun.

    Baca Juga:  PLTS Tahap 1 Kapasitas 10 MW Sukses Dioperasikan, PLN Tunjukkan IKN Dilayani Energi Bersih

    Yakni dari harga Rp 85 per satu kg kini menjadi Rp 80 ribu. Demikian juga bawang merah dan bawang putih rata-rata turun 5 ribuan sekilonya. Diamini oleh daging ayam yang sebelumnya Rp 35 ribu kini ikut turun lima ribuan dalam sekilonya.

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar Ni Luh Gede Eka Suary mengungkapkan, berbagai tantangan yang dihadapi dalam menjaga stabilitas harga dan stok bahan pokok di Kabupaten Gianyar.

    Diantaranya masih tingginya ketergantungan pasokan bahan pangan dari luar daerah, infrastruktur dan distribusi pangan yang masih belum optimal, produksi pangan yang rentan dengan gangguan eksternal, seperti misalnya gangguan cuaca dan iklim, serta peningkatan tekanan permintaan terutama pada hari raya dan hari libur.

    Baca Juga:  Dapat Motor? Ini Dia Pemenang Hadiah Utama JLC Lucky Draw 2023

    Syukurnya, keberadaan dan kenaikan harga beberapa jenis bahan kebutuhan pokok pada pergantian tahun  masih berada di batas kewajaran. Karena sembako yang menjadi barometer harga dan menghidupi hajat hidup orang banyak hingga berita ini diturunkan, stok dan harganya masih stabil.

    Kondisi ini dibenarkan oleh salah satu pedagang kebutuhan pokok di Pasar Umum Gianyar. Seperti yang dikatakan, Ibu Mangku Adnyani pedagang bumbu.

    Dia mengatakan, beberapa bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah besar selama beberapa hari ini justru mengalami penurunan harga kisaran Rp. 2.000 hingga Rp 5.000. Dari segi ketersediaan barang juga masih pada posisi aman. (ina/kb)

    Back to top button