GianyarNews UpdatePeristiwa

Rumah KK Miskin Terbakar, Petugas BPBD Kumpulkan Bantuan

    GIANYAR, Kilasbali.com – Sudah jatuh tertimpa tangga. Musibah dan penderitaan rupanya sudah menjadi bagian hidup yang dihadapai keluarga I Ketut Darta (70).

    Tidak hanya hidup dalam serba kekurangan, warga Banjar Pokas, Desa/Kecamatan Blahbatuh ini pun harus pasrah dengan musibah kebakaran yang menimpa rumah satu-atunya pada Selasa lalu.

    Kerugian material hingga Rp 10 juta bagi korban sangat membuat keluarganya tak berdaya. Syukurnya, kondisi ini membuat petugas terenyuh dan langsung menggalang bantuan.

    Dari keterangan yang dihimpun, Kamis (29/2), keluarga ini masuk dalam daftar masyarakat kurang mampu alias KK miskin.

    Terlebih lagi, dari tiga orang yang ada di rumah itu, semuanya hidup keterbatasan, kesehariannya sebagai buruh serabutan, dan satu orang yaitu I Wayan Lasia(35) adalah seorang disabilitas.
    Atas kondisi ini, petugas BPBD Giabyar dan lainnya sangat terenyuh.

    Baca Juga:  Pemotor Tertindih Truk Terguling di Jembatan Tukad Yeh Nu

    Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, I Gusti Ngurah Dibya Presasta bahkan langsung tergerak untuk mengumpulkan donasi pada keluarga ini.

    Petugas yang juga Ketua Rapi Bali itu menginformasikan kondisi tersebut ke rekan-rekannya. Syukur, banyak dermawan yang tergerak membantu, khususnya dari segi dana.

    “Bantuan yang terkumpul akan kita serahkan Jumat 1 Maret 2024 besok,” terangnya.

    Selain itu, Dibya juga telah berkomunikasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Gianyar, supaya Damkar berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Gianyar.

    “Mudah-mudahan dari dinas nanti ada bantuan bedah rumah atau rehab. Kita sudah komunikasi dengan Damkar, supaya diteruskan ke Dinas Perkim,” ujarnya.

    Baca Juga:  Komisi I Dorong Desa Dinas dan Adat Bersinergi Jaring Duktang

    Kapolsek Blahbatuh, Kompol I Made Tama mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 02.30 Wita. Kejadian pertama kali diketahui oleh I Wayan Lasia yang sedang tidur di teras rumah. Pada saat terbangun, ia melihat atap bangunan tempat tidurnya menyala mengeluarkan api.

    Melihat hal tersebut, lasia dengan keterbatasannya berusaha membangunkan bibi dan pamannya yang sedang tidur di dalam kamar yang terbakar.

    Lalu, lasia berteriak meminta tolong. Beruntung, warga setempat mendengar teriakan itu, dan berusaha memadamkan api, serta menghubungi Dinas Damkar Gianyar.

    Baca Juga:  ‘Police Go to School’ Cegah dan Deteksi ‘Bullying’ di SD
    Warga kurang mampu di Blahbatuh alami kebakaran. Foto/ist

    Pada pukul 02.50 Wita, dua unit mobil Damkar Gianyar tiba di TKP dan melakukan upaya pemadaman, dibantu oleh anggota Polsek Blahbatuh, Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Blahbatuh serta warga. “Pukul 03.40 api sudah berhasil dipadamkan,” ujar Kompol Tama.

    Adapun barang – barang yang terbakar, mulai dari bangunan rumah ukuran 6 meter x 4 meter, dua buah kasur kapuk, dan sebuah lemari pakaian terbuat dari kayu.

    “Kerugian sekitar Rp 10 juta. Tidak ada korban jiwa. Penyebab kebakaran kemungkinan disebabkan oleh konsleting arus pendek listrik mengingat bangunan sudah lama dan instalasi kabel listrik juga sudah lama,” ujarnya. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi