Gianyar

WNA Sewakan Motor Lengkap dengan Instruktur

    GIANYAR, KIlasbali.com – Tidak hanya penyewaan motor, bagi wisatawan asing yang belum fasih bermotor juga disediakan instruktur.

    Usaha ini sangat menjanjikan sayangnya kini justru dijalani oleh warga negara asing (WNA) dan fasilitas publik pun dimanfaatkan secara terang-terangan sebagai tempat latihan.

    Pantauan di lapangan, WNA sebagai instruktur mengemudi cukup banyak ditemukan di Gianyar. Kondisi ini terpantau di sejumlah titik.

    Salah satu lokasi yang cukup sering dijadikan tempat latihan adalah lapangan parkir timur Stadion Kapten I Wayan Dipta. Tak hanya sekali, namun beberapa kali WNA belajar dengan instruktur WNA juga.

    Baca Juga:  Ini Dia Enam Nama Kandidat Pilkada dari KIM Gianyar

    Bahkan, perlengkapannya yang dipakai cukup profesional memadai keamanannya. Seperti pelindung lutut, pelindung siku, helm serta alat pembatas sebagai tanda mempermudah untuk berhenti dan ber kilak kiluk di jalan.

    Tak ada yang curiga terhadap kegiatan WNA tersebut. Namun menurut warga sekitar kegiatan tersebut cukup sering. Diduga WNA itu memungut bayaran sebagai instruktur mengemudi.

    Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani, mengatakan pihaknya tidak bisa menentukan legal atau tidak legalnya kegiatan yang dilakukan WNA tersebut. Ia mengatakan ranah penanganan WNA yang diduga berkegiatan ilegal ada di Imigrasi Denpasar.

    Baca Juga:  Temuan Bawaslu Gianyar, Masih Ada Pemilih Ganda, Meninggal Hingga Difable

    “Kembali lagi apakah WNA tersebut menggunakan visa kerja atau visa sebagai turis atau kunjungan. Jika wisata namun digunakan untuk bekerja tentu ilegal. Tapi ranah penindakannya ada di imigrasi,” jelasnya.

    Sementara di kabupaten ada Tim pemantau orang asing (PORA) yang ketuanya ada di Kesbangpolinmas. “Tim ini bertugas mengawasi kegiatan WNA,” ujarnya.

    Disnaker sendiri hanya mengawasi WNA yang bekerja secara legal dan memang menggunakan visa kerja. Mereka memiliki kontrak kerja. Kapan selesai kapan akan diperpanjang. Hingga kapan batas waktunya mereka tinggal disini.

    Baca Juga:  Bocah WNA Resahkan Warga Ubud, KPPAD Bali Minta Petugas Keamanan Bertindak

    “Kita ada data lengkap, namun berubah setiap bulannya. Karena setiap bulan selalu ada pembaharuan data,” ujar Kadis yang baru saja meraih gelar doktor ini.

    Data disnaker memperlihatkan, jumlah WNA yang bekerja di Gianyar tahun 2023 sebanyak 137 Tenaga Kerja Asing. Terdiri dari 84 laki-laki dan 53 perempuan. Untuk tahun 2024 potensi ada 137 TKA. Yang baru memperpanjang 33 TKA (per tanggal 22 April 2024 ), 17 laki-laki dan 10 perempuan. (ina/kb)

    Back to top button