GianyarPemerintahan

Komunikasi Bencana BPBD Gianyar Manfaatkan Radio Over IP

    GIANYAR, Kilasbali.com – Efektivitas langkah mitigasi kebencanaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar melakukan upaya mempermudah komunikasi kebencanaan.

    Selama ini, untuk komunikasi kebencanaan hanya memanfaatkan radio komunikasi konvensional seperti penggunaan handy talkie analog.

    Selaras dengan kemajuan teknologi, saat ini BPBD Kabupaten Gianyar sudah memanfaatkan teknologi Radio over IP atau yang lebih dikenal dengan RoIP.

    Hal ini diungkapkan pada saat kegiatan Fokus Group Diskusi (FGD) penguatan dan perluasan jejaring komunikasi kebencanaan Kabupaten Gianyar yang diselenggarakan di RV Hotel Gianyar, Rabu (15/5).

    Baca Juga:  Manfaatkan Sisi Positif WWF ke-10

    Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gianyar, I Gusti Ngurah Dibya Presasta, dalam pemaparannya mengatakan bahwa saat ini BPBD Kabupaten Gianyar sudah memanfaatkan teknologi Radio over IP untuk menjadi salah satu saluran komunikasi kebencanaan di Kabupaten Gianyar.

    “Biasanya untuk komunikasi kedaruratan kita menggunakan handy talkie analog untuk berkomunikasi, namun pemanfaatannya terbatas karena tidak semua memiliki perangkat handy talkie analog dan butuh repeater dan harus membayar izin setiap tahunnya. Namun saat ini BPBD Kabupaten Gianyar sudah menggunakan teknologi Radio over IP untuk komunikasi kedaruratan kebencanaan,” ujarnya.

    Untuk pemanfaatannya, nantinya instansi terkait seperti TNI, Polri, Dinas Sosial, Dinas Pemadam Kebakaran, dan relawan akan diberikan akses untuk tergabung dalam saluran Radio over IP BPBD Kabupaten Gianyar dengan menggunakan aplikasi Teamspeak yang dapat diunduh di Google Play Store.

    Baca Juga:  Bobol Konter Handphone di Ubud, Sejoli 'Punk' Ditangkap Polisi

    Jadi, dengan adanya aplikasi ini akan mempermudah komunikasi kebencanaan. Mengingat, semua orang sudah memiliki smartphone android untuk komunikasi sehari-hari.

    “Jadi mereka tidak perlu handy talkie analog atau konvensional lagi, cukup dengan aplikasi Teamspeak yang terinstal di smartphone android saja maka mereka sudah bisa berkomunikasi dengan Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Gianyar bila memerlukan bantuan kebencanaan,” katanya.

    Nantinya ketika login atau masuk ke aplikasi Teamspeak, instansi terkait dan relawan akan diberikan alamat IP Addres server RoIP milik BPBD Kabupaten Gianyar dan bisa secara langsung terhubung dalam saluran komunikasi kebencanaan.

    Baca Juga:  1.542 PPPK Guru-Nakes di Tabanan Jalani Pelantikan

    Dengan adanya teknologi ini, akses bantuan kebencanaan khususnya di Kabupaten Gianyar akan semakin mudah dan fleksibel. (ina/kb)

     

    Back to top button