BadungSeni BudayaTokoh

Pekandelan Agung Festival 2/2024, Sekda Adi Arnawa Ungkap Ini

    MANGUPURA, Kilasbali.com – Pekandelan Agung Festival 2 Tahun 2024 yang diinisiasi oleh Sanggar Seni Pekandelan Agung Banjar Lebah Pangkung, sebagian besar susunan kepanitiaannya diisi oleh generasi muda.

    Hal ini menunjukkan bahwa kekhawatiran akan hilangnya seni, adat dan budaya ternyata terhapuskan dengan kehadiran panitia-panitia muda.

    Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung Nyoman Giri Prasta saat menghadiri Pekandelan Agung Festival 2 Tahun 2024 Banjar Lebah Pangkung, Kecamatan Mengwi, bertempat di Balai Banjar Lebah Pangkung Mengwi, Sabtu (09/6).

    Turut hadir Perwakilan Kecamatan Mengwi, Perbekel Desa Mengwi, Tokoh Masyarakat Made Rai Wirata serta undangan lainnya. Sebagai wujud dukungan Sekda Adi Arnawa serahkan bantuan dana Pemkab Badung sebesar Rp. 30 juta.

    Baca Juga:  Ambarrukmo ‘berKelana di Bali’, Kenalkan Tiga Intellectual Property di Geo Open Space

    Sekda Adi Arnawa mengatakan atas nama pemerintah dan pribadi menyambut baik dan memberi apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya Pekandelan Agung Festival 2.

    “Kami selaku pemerintah sangat berbangga karena melalui program pemerintah melalui Bapak Bupati Giri Prasta perhatiannya terhadap seni, adat dan budaya menjadi bidang yang sangat prioritas di dalam pelestarian agama, adat, seni dan budaya di Kabupaten Badung,” katanya.

    Menurutnya, program ini sebagai ujung tombak pariwisata di Kabupaten Badung. Untuk itu, diharapkan generasi muda harus terus bergerak menciptakan inovasi-inovasi baru dibidang kesenian khususnya seni tari agar ke depan tidak terjadi stagnasi atau klaim dari negara lain tentang tarian daerah.

    Baca Juga:  Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali 2024

    “Kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekarang saja, melainkan dilaksanakan berkelanjutan dan Pemerintah Kabupaten Badung akan siap mensupport serta mendukung,” pungkasnya.

    Sementara itu, Ketua Sanggar Seni Pekandelan Agung Putu Gede Restu Pratama menyampaikan terima kasih kepada Sekda Badung yang sudah mensupport bantuan dana sehingga acara ini dapat terselenggara.

    Pihaknya berharap melalui kegiatan ini dapat tercipta dan menjaga pelestarian adat, seni dan budaya yang adiluhung.

    Baca Juga:  Piraeus Yunani Jajaki Kerjasama dengan Kota Denpasar

    “Kami berharap bisa mendapatkan support dari berbagai pihak khususnya Pemkab Badung baik secara moral dan materi sehingga kami dapat menyelenggarakan kegiatan ini setiap tahun,” harapnya. (m/kb)

    Back to top button