BadungBirokrasi

Tumpukan Sampah di Pantai Kuta, Koster Harap Pemkab Badung Beri Perhatian Serius

    MANGUPURA, Kilasbali.com – Gubernur Bali Wayan Koster dengan Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra memantau protokol kesehatan di objek wisata yang ada di Kabupaten Badung. Yaitu Pantai Kuta, Petitenget, dan Pantai Batu Bolong di Canggu, Jumat (1/1/2020) sore sekitar pukul 15.00 WITA.

    Di Pantai Kuta tampak tidak banyak ada wisatawan maupun masyarakat yang berkerumun. Namun, rombongan disuguhi menumpuknya berbagai jenis sampah di sepanjang pantai. Yaitu sampah plastik, kayu, hingga styrofoam.

    Atas kondisi itu, Koster berharap kebersihan pantai ini mendapat perhatian serius dan segera dibersihkan Pemerintah Kabupaten Badung.

    “Pemda Badung harus memiliki sistem penanganan sampah di Pantai Kuta yang dilengkapi Posko dengan sarana dan prasarananya serta tenaga yang memadai, sehingga bisa bertindak cepat dalam hitungan jam untuk membersihkan sampah kiriman yang datang secara tiba-tiba,” ujarnya.

    Baca Juga:  Pemerataan Ekonomi untuk Sejahterakan dan Bahagiakan Masyarakat Badung

    Lanjutnya, apalagi di dalam kondisi darurat seperti sekarang ini, yakni di musim hujan dan banyak wisatawan yang berkunjung, maka sistem pengelolaan sampah harus berfungsi dalam 24 jam penuh, sehingga tidak perlu menunggu hari besok.

    “Untuk itu penanganan sampah ini harus cepat, cepat, dan cepat dikerjakan,” tegasnya.

    Koster mengatakan, setiap musim hujan selalu ada sampah kiriman di pantai ini. “Kejadian ini terjadi setiap tahun, maka sudah seharusnya dibuatkan sistem penanganan khusus yang melibatkan Desa Adat,” tandasnya.

    Baca Juga:  YPSS Sinergi Bersama Polri Amankan Pemilukada

    Seusai mengunjungi Pantai Kuta, rombongan menyambangi Pantai Petitenget. Camat Kuta Utara, I Putu Eka Parmana, di pantai ini juga tidak tampak pengunjung yang melanggar protokol kesehatan. Termasuk juga tak terlihat adanya tumpukan sampah di sepanjang pantai yang berlokasi di Desa Kerobokan ini.

    Sementara itu, di lokasi terakhir yakni di Pantai Batu Bolong, Desa Canggu, rombongan tampak disambut Perbekel Desa Canggu, I Nengah Lana dan Bendesa Adat Canggu, Nyoman Sujapa.

    Dalam kesempatan itu, Koster meminta kepada Perbekel dan Bendesa Adat Canggu, termasuk pihak Kepolisian agar selalu memperhatikan aktivitas masyarakat yang berada di pantai.

    Baca Juga:  Ini Dia Perda Lokasi Larangan Menaikkan Layangan di Bali

    “Orang yang berenang di Pantai Batu Bolong ini sangat banyak, saya minta petugas terkait untuk siap siaga melakukan pengaman pantai, lifeguard,” ujarnya seraya menegaskan bahwa penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan wisatawan domestik maupun wisatawan asing yang menetap di Desa Canggu.

    Terkait sampah yang ada di dekat pintu masuk pantai ini, Koster meminta agar segera dibersihkan, sehingga citra positif tentang pesona pantai ini selalu terjaga di mata wisatawan.

    “Kita harus rawat dengan baik kebersihan pesisir pantai ini, karena ini adalah sumber pendapatan masyarakat sekitar maupun pemerintah,” pungkasnya. (jus/kb)

    Back to top button