BadungPariwisata

Pariwisata Bali Terus Berbenah

    BADUNG, Kilasbali.com – Pariwisata Bali setelah Covid-19 masih terus berbenah. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) saat menerima Kunjungan Kerja Reses Komisi XI DPR RI Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2022-2023 ke Provinsi Bali, di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Badung, Jumat (14/4).

    Dalam kesempatan itu, Cok Ace menuturkan bahwa saat ini kunjungan wisatawan per harinya mencapai 11 ribu hingga 12 ribu per hari. “Sudah mendekati angka sebelum pandemi Covid-19 yaitu di sekitaran 18 ribu,” ujarnya.

    Untuk itu, Cok Ace meminta perhatian semua pihak agar pariwisata Bali bisa pulih 100% secepat mungkin.

    Dikatakan, meskipun angka kunjungan wisatawan terutama wisatawan asing cukup meningkat sejak diberlakukannya berbagai relaksasi seperti pemberlakuan Visa on Arrival (VoA) dan bebas karantina, namun okupansi akomodasi di Bali masih belum merata.

    Baca Juga:  Satpol PP Bali Gencar Sosialisasikan Perda 9/2000

    “Mungkin di kawasan Nusa Dua dan sekitarnya okupansi sudah mencapai di atas 80%, namun masih banyak kantong-kantong pariwisata seperti di daerah Ubud, Singaraja dan Karangasem yang tingkat okupansinya cukup rendah,” jelasnya.

    Untuk itu, Cok Ace meminta kepada Komisi XI DPR RI serta berbagai pihak seperti BI dan OJK, untuk bisa memperpanjang restrukturisasi perbankan, terutama restrukturisasi kredit. Karena, banyak pengusaha pariwisata yang masih kesulitan membayar kredit dikarenakan tempat usahanya berada di kantong pariwisata yang masih terbilang sepi wisatawan.

    Dia menambahkan memang Bali sudah mendapatkan perpanjangan restrukturisasi pembiayaan perbankan dengan diterbitkannya PJOK No. 19 tahun 2022 dan KDK OJK nomor 34/KDK.03/2022. “Namun kami merasa masih membutuhkan perpanjangan lagi, jadi saya minta dukungan kepada pihak terkait untuk memikirkan masalah tersebut,” ungkapnya.

    Baca Juga:  Pembangunan LRT di Bali Masuk Tahap penunjukan Mitra Strategis dan Pemimpin Konsorsium Investor
    Cok Ace. foto/ist

    Sementara itu, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie Othniel Frederic Palit yang juga ketua rombongan mengatakan bahwa tujuan kunjungan reses kali ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemulihan ekonomi di Bali pasca Pandemi Covid-19.

    Karena seperti diketahui bahwa Bali yang tergantung dengan sektor pariwisata menjadi provinsi paling terdampak pandemi. Ia menambahkan bahwa DPR RI terutama komisinya sangat konsen dengan Bali sejak pandemi melanda, sehingga sudah mengadakan kunjungan sekian kali demi membahas ekonomi Bali. Untuk itu, ia pun menggandeng beberapa pihak terkait seperti BI, OJK, BPK, hingga Bank BUMN untuk ikut memantau ekonomi Bali. (m/kb)

     

    Back to top button