GianyarPeristiwa

Bule ODGJ Resahkan Warga

    GIANYAR, Kilasbali.com – Awalnya dikira bule ekspatriat yang kerap menyasar pasar tradisional untuk mendapat harga yang lebih terjangkau, ternyata ujung-ujungnya ternyata bule ODGJ.

    Lantaran meresahkan warga, bule berjenis kelamin perempuan asal Irlandia diamankan aparat Satpol PP lanjut dibawa ke RSJ Bangli.

    Dari keterangan yang diterima, Minggu (16/7), perempuan bernama Grayclodagh berusia 26 tahun itu, kerap berkeliaran di sekitar Pasar Desa Bedulu.

    Awalnya warga setempat yang menghormati keberadaan WNA tidak curiga jika bule itu mengalami kelainan jiwa, karena pakaiannya terlihat normal.

    Baca Juga:  Gruduk Kantoran, Tim DLH Temukan Sampah 'Satu Lobang Rame-rame'

    Namun karena sering mengambil barang dan tidak bayar serta perilakunya aneh, warga pun mulai resah.

    “Bule ini sering ambil buah atau makanan lainnya namun tidak bayar. Bahkan dia sulit diajak berkomunikasi dan komat kamit sendiri. Karena tidak membawa uang dan lainnya, keberadaannya kami lapor ke kepala desa,” ungkap salah seorang pedagang.

    Atas laporan warga itupula, Perbekel Bedulu berkoordinasi dengan petugas Satpol PP Gianyar.

    Baca Juga:  Nelayan Gianyar Tak Berani Melaut Karena Gelombang Tinggi

    “Iya kami mengamankan WNA ODGJ di depan Pasar Bedulu Blahbatuh, Sabtu sore. Dari informasi yang kami terima, bule ini dari Irlandia. Dia terus ngoceh di depan Pasar Bedulu. Pengamanan ini berdasarkan laporan dari Perbekel Bedulu,” ujar Watha.

    Watha menjelaskan, bule perempuan bernama Grayclodagh berusia 26 tahun itu, selama ini kerap berkeliaran di jalan.

    Dalam menghindari hal yang tak diinginkan, pihaknya pun telah mengirim bule tersebut ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Bali di Kabupaten Bangli.

    Baca Juga:  Parkir Sembarangan dan Picu Kemacetan, Puluhan Motor dan Mobil Digembosi

    “Saat dimintai data-datanya, yang bersangkutan tidak bawa apa-apa, termasuk paspor. Untuk menghindari hal yang tak diinginkan di masyarakat, kami sudah kirim yang bersangkutan ke RSJ Bangli. Ternyata sesampainya di RSJ, diketahui bule tersebut sudah pernah berobat dan rawat inap di sana. Sekarang bule-nya masih dirawat di sana,” kata Watha. (ina/kb)

    Back to top button