DenpasarPolitik

Tahun Politik, Koster Ajak Media di Bali Bangun Situasi Kondusif

DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali, Wayan Koster meminta seluruh media Pers, baik media cetak, elektronik dan media siber atau media online, untuk bersama masyarakat dan pemerintah di Bali, menjaga situasi kondusif pada tahun politik 2023 dan 2024. Dimana pada tahun tersebut negeri ini akan melaksanakan pesta demokrasi serentak, mulai dari Pemilihan anggota Legislatif, Pilkada Kabupaten/Kota, Pilgub hingga Pilpres.

 

Permintaan tersebut disampaikan Gubernur Koster saat menerima Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali dan Panitia Penyelenggara Musyawarah Provinsi (Musprov) I SMSI Bali pada Kamis, 10 Agustus 2023, di rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha Denpasar.

 

Musprov SMSI Bali yang menurut rencana akan digelar pada Jumat 25 Agustus 2023, adalah Musprov pertama SMSI Bali. Pada Musprov kali ini akan dipilih Pengurus baru SMSI Bali. Sebab Pengurus SMSI Bali selama ini yang dipimpin Emanuel Dewata Oja, telah berjalan kurang lebih 6 tahun dan dipilih berdasarkan mandat dari Pengurus Pusat SMSI.

Baca Juga:  Pemkab Tabanan Pastikan Rekrutmen PPPK Bebas Oknum Nakal

 

Saat berlangsung audiensi, Gubernur Koster berpesan agar media Pers dapat menjalankan fungsi edukasi terhadap masyarakat dengan menyampaikan berita-berita positif. Sebab dengan berita-berita positif, media bisa menunjukkan peran memotivasi masyarakat untuk berperan aktif dalam pembangun Bali, dengan visi nangun sat kerthi loka Bali.

 

‘Saya kira Media Pers dapat mengambil peran penting, apalagi pada tahun politik, 2023 hingga Pemilu serentak nanti pada awal tahun 2024. Berita-berita positif, tentu tidak dimaksudkan untuk meniadakan fungsi kontrol sosial Pers. Fungsi itu tetap dilakukan, tetapi sampaikanlah kritik-kritik yang membangun, yang bersifat memotivasi masyarakat agar berperan dalam pembangunan Bali,’ ujar Koster.

 

Baca Juga:  Dewa Gede Tagel Wirasa Dilantik Menjadi Pj Bupati Gianyar

Dikatakan, pemberitaan positif juga berfungsi mendukung akselerasi pembangunan pariwisata Bali. Apalagi pariwisata adalah tumpuan utama perekonomian Bali. Saat ini kata Koster, ekonomi Bali bertumbuh sangat baik yaitu 5,8 persen.

 

‘Saya mengajak media Pers ya, termasuk media-media anggota SMSI Bali, untuk sama-sama menjaga Bali ini agar tetap kondusif meskipun ada pekerjaan besar seperti Pemilu serentak. Jauhi dulu pemberitaan-pemberitaan yang mengundang kekisruhan di tengah masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:  Pastikan Tahapan Pemilu 2024 Berjalan dengan Baik, Pj Gubernur Bali Inisiasi Rapat Bersama Forkompimda

 

Pada kesempataan tersebut, Gubernur Wayan Koster menyatakan bersedia menhadiri Musprov I SMSI Bali, dan berkenan membuka acara tersebut. ‘Saya siap. Nanti saya datang, tetapi harus tepat waktu ya, karena saya ada acara lain setelah menghadiri Musprov SMSI Bali,’ ujarnya.

 

Dalam audiensi tersebut, Gubenur Bali didampingi Kadis Kominfos Provinsi Bali, Gede Pramana dan Kasatpol PP Provinsi Bali Dewa Dharmadi. Sedangkan rombongan SMSI Bali hadir Ketua SMSI Bali, Emanuel Dewata Oja, Wakil Ketua Bidang Pendidikan yang juga Ketua Panitia Pelaksana Musprov, Gusti Ngurah Dibya, Wakil Ketua Panitia Musprov Apolonaris K Daton dan Sekretaris Panitia Musprov Wahyu Siswadi. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button