GianyarPolitik

‘Bumi Seni’ Gianyar Paceklik Bacaleg 

    GIANYAR, Kilasbali.com – Dibalik euforia partai politik meyambut pesta demokrasi, nyatakan tidak linier dengan program kaderisasi. Buktinya sebagian besar parpol di Bumi Seni Gianyar paceklik bacaleg. Hingga pengumunan DCS, hanya tiga parpol yang menyodorkan caleg dengan pengisian penuh kuota di seluruh dapil.

    Sebagaiman diketahui, KPU Gianyar telah mengumumkan daftar calon sementara (DCS) baik di tempel di Kantor KPU dan diumumkan melalui media cetak dan online.

    Dari pengumuman DCS tersebut, hanya tiga partai yang ajukan 100% Bacaleg, yaitu PDIP, Gerindra dan Golkar. Sementara ada partai yang ajukan Bacaleg 1 orang saja. Partai yang tidak mengajukan Bacaleg adalah Partai Ummat, Partai Bulan Bintang dan Partai Kebangkitan Nusantara.

    Irosinya lagi, partai besar lain, seperti Demokrat hanya mampu mengisi 35 bacaleg dari 45 kursi yang diperebutkan. Kondisi ini memicu kasak-kusuk di kalangan masyarakat, bahwa Partai Demokrat telah menurun pamornya. Disisi lain, Partai Perindo justru bisa mengisi 30 Bacaleg. Partai yang dianggap partai anak bawang ini justru bisa mengisi hampir 75% quota perebutan kursi di DPRD Gianyar.

    Baca Juga:  Parkir Sembarangan dan Picu Kemacetan, Puluhan Motor dan Mobil Digembosi

    Dimana Ketua DPD Perindo, Ngakan Ketut Putra, Senin (24/8/2023) menyebut, jauh-jauh hari sudah mempersiapkan kader yang akan bertarung di Pemilu 2024 nanti. Disusul Partai Nasdem yang mengisi quota 35 Bacaleg.

    Disisi lain, ada partai yang mewakilkan 1 petarung seperti PAN, Partai Buruh menurunkan 3 Bacaleg, Partai Garda Reput dengan 4 Bacaleg dan PPP dengan 4 Bacaleg. Dikonfirmasi mantan Ketua DPD 2 Partai Demokrat, I Ketut Jata soal tidak terisi penuh Bacaleg, tidak memberi komentar panjang.

    “Mohon maaf tiang masih ada kesibukan di pura, tiang belum bisa jawab soal ini,” jelasnya singkat.

    Baca Juga:  Ratusan Anak-anak di Gianyar Masuk Katagori Terlantar

    Disisi lain, disebutkan Ketut Jata sedang dipercaya warga sebagai Klian Pura Dalem Agung, Desa Adat Keramas. Dikonfirmasi Ketua DPC Partai Demokrat, Cokorda Gde Asmara Putra tidak menjawab telpon dan tidak membalas pesan WA. (ina/kb)

    Back to top button