Nasional

Malam Puncak Adujaknas, Duta GenRe Bali Boyong Dua Juara

    SEMARANG, Kilasbali.com – Kegiatan Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja tingkat nasional (Adujaknas) 2023 yang dilaksanakan mulai 29 Oktober 2023 telah memasuki puncak acara pada Selasa malam (31/10/2023) di Tama Indonesia Kaya Kota Semarang – Jawa Tengah.

    Pada kesempatan tersebut, Duta GenRe putra dan putri asal Bali berhasil membawa dua prestasi sekaligus yaitu Juara II Duta GenRe Indonesia kategori putra dan Juara III Duta GenRe Indonesia Kategori putri.

    I Kadek Jayanta putra asal Desa Bebetin Kabupaten Buleleng ini merasa bangga atas prestasi yang telah didapatkan sebagai Juara II Duta GenRe Indonesia Putera 2023 dan merupakan hasil dari usaha yang telah dilakukan selama ini.

    “Saya juga bangga karena bisa mengoptimalkan kemampuan dan pemahaman bersama putera Duta GenRe dari 34 provinsi yang sangat berkompeten. Terharu rasanya, proses yang saya jalani di Provinsi Bali dilirik di kancah nasional dengan penganugerahaan ini,” jelasnya.

    Jayanta juga menjelaskan proses menuju puncak adujak ini tidak mudah karena berbagai persiapan dan kegiatan telah dilakukan bersama dengan berbagai finalis dari perwakilan masing-masing provinsi se-Indonesia.

    Baca Juga:  Duta Kota Denpasar Persembahkan ‘Ida Cokorda Mantuk Ring Rana’ di Pawai Pembukaan PKB

    “Diawali dengan beberapa tantangan (challenge) secara online, seperti Tiktok Challenge, Head to Head Challenge (Live Instagram), Video Advokasi, hingga melengkapi berkas administrasi. Setelah proses online selesai, kami dikarantina pada 28 – 31 Oktober 2023 di Semarang dengan beragam proses seleksi, meliputi Tes Tulis, Motion Challenge, Wawancara, Focus Group Discussion, dan Malam Gema,” jelasnya.

    Proses sebagai Duta, tambah Jayanta telah dilaksanakan sebelum ADUJAKNAS dimulai dengan implementasi program kerja serta memberikan advokasi dan sosialisasi di beberapa daerah maupun sekolah di Provinsi Bali.

    Berbagai program inovatif yang dibawah Jayanta untuk mewujudkan remaja yang berkualitas salah satunya adalah Yowana SAKTI (Sharing, Aman, Kolaborasi, Terambil, dan Inovatid).

    “tujuannya menciptakan remaja bali yang Tangguh dan terhindar dari Stunting dan TRIAD GenRe (Seks Pranikah, Pernikahan Dini, dan NAPZA)”, jelas Jayanta yang akrab disapa Jay
    Program Yowana SAKTI dilengkapi dengan ruang bagi remaja dan orang-orang di sekitar remaja dalam mengatasi masalah-masalah yang ada, diantaranya 1) Ruang Kreatif untuk meningkatkan keterampilan remaja melalui menganyam dan olahan makanan sehat untuk keluarga, 2) Ruang Aman yang membahas mengenai Kekerasan Seksual, 3) Bincang Asyik berupa Podcast dengan obrolan santai mengenai permasalahan remaja, serta 4) Ruang Kolaborasi Cegah Stunting (RACING) sebagai program kerja sama antarintansi dan generasi untuk mempercepat penurunan stunting.

    Tidak jauh berbeda dengan Jayanta, Putu Puspa Sadnya Dewi remaja asal Badung yang mendapatkan juara III Duta GenRe Indonesia kategori Puteri merasa haru dan bahagia dengan prestasi yang telah diperoleh.

    Baca Juga:  Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali 2024

    “Sungguh haru dan bahagia rasanya kerja keras kami mendapatkan apresiasi spesial dengan posisi yang diberikan pada kami. Tentu proses ini tak saya lewati sendirian, haru dan tangis bahagia juga dirasakan oleh tim kami yang selalu setia menemani perjalanan kami,” katanya.

    Proses panjang juga dilalui oleh Puspa untuk mempersiapkan puncak adujak tersebut. “Sebenarnya Proses panjang telah saya lewati selama kurang lebih 1,5 tahun ini bukan semata-mata untuk sebuah penghargaan, melainkan bentuk pengabdian untuk remaja Bali,” ucapnya.

    Baca Juga:  Jelang Idul Adha, Kuota Sapi Keluar Bali Dibatasi

    Puspa membawa program inovasi yang dinamai “REMANG” (Remaja Sayang Lingkungan) dengan visi mewujudkan remaja yang berkualitas melalui peningkatan kualitas lingkungan dan gizi bagi remaja.

    “Saya bekerja sama dengan PIK-R Binaan saya untuk membersihkan lingkungan dengan sampah yang tak terurus serta mengolah limbah tersebut sebagai media pembelajaran hingga menjadi produk layak guna,” ucapnya.

    Selain Remang, Puspa juga menjelaskan bahwa RESAPI (Remaja Sadar Pemenuhan Gizi) merupakan program andalannya.

    “RESAPI (Remaja Sadar Pemenuhan Gizi) menjadi program andalan saya dengan pengecekan kesehatan setiap bulannya untuk melacak kondisi kesahatan remaja setiap bulannya, kegiatan ini juga disertai pembinaan serta pemberian makanan tambahan,” jelasnya

    Kedepannya I Kadek Jayanta dan Puspa Sadnya berharap amanah yang diberikan sebegai juara II Putra Duta GenRe Indonesia dan juara III Putri Duta Genre Indonesia 2023 dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

    “Kami berharap kedepannya tetap melibatkan remaja dengan program yang kami miliki dengan lebih masif dan inklusif,” harap kedua Remaja andalan Bali Jayanta dan Puspa. (dian/bkkbn/kb)

     

    Back to top button