GianyarPeristiwa

Bangkai Beringin Tutup Jalur Antar Kabupaten

    GIANYAR, Kilasbali.com – Hujan yang tiba-tiba mengguyur deras menimbulkan pohon beringin tua di Jalan Raya Buahan, Senin (13/11) malam. Akibatnya jalan raya dari Desa Buahan, Payangan menuju Kintamani pun terputus. Selain bangkai pohon yang melintang di tengah jalan, jaringan listrik juga terseret dan terputus.

    Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, Dibya Prasesta mengatakan pohon beringin tersebut terletak di Banjar Pausan. Tumbang karena hujan deras pada pukul 22.21 Wita. Diameter pohon kurang lebih 2 meter dengan tinggi kurang lebih 15 meter. “ Tidak ada korban jiwa. Saat kejadian tidak ada kendaraan yang lewat,” ujarnya.

    Baca Juga:  Pemerintah Provinsi Bali Raih WTP untuk ke-11 Kali

    Malam itu juga pihaknya langsung menurunkan tim TRC BPD Gianyar untuk mengevakuasi pohon itu. Sebelum itu pihaknya berkoordinasi dengan PLN untuk memastikan tidak ada aliran listrik. “Setelah PLN memastikan aliran listrik sudah terputus, kami lakukan evakuasi,” jelasnya.

    Tim TRC melakukan evakuasi hingga pukul 4.00 Wita dini hari. Kendati semalaman hingga pagi dilakukan evakuasi Karena besarnya pohon pihak BPBD belum bisa menuntaskan. “Pukul 04.13 Wita Dini hari Penanganan baru dapat ditangani 30%. Untuk penanganan hari ini dilanjutkan regu lainnya,” terangnya.

    Baca Juga:  Ceko dan Bali Bahas Kerjasama Pariwisata hingga Pengelolaan Sampah

    Memasuki musim hujan, Dibya berharap kepada masyarakat untuk segera metaki-metaki di lingkungan sekitar. Seperti selokan dibersihkan agar tidak terjadi luapan air. Kemudian dahan pohon yang sudah lapuk bisa beterbangan.

    “Musim hujan harus kita syukuri, namun kita perlu waspada dan persiakan diri untuk lingkungan sekitar agar musim hujan berlalu dengan aman, lancar dan penuh berkah,” pungkasnya. (ina/kb)

    Back to top button