BadungSosial

Peduli Lingkungan, Paramatex dan Sungai Watch Daur Ulang Sampah Plastik

    MANGUPURA, Kilasbali.com – Sejumlah personel dari Paramatex, Sungai Watch, dan para sukarelawan berjibaku dan bergotong royong membersihkan aliran sungai di kawasan Darmasaba, Kabupaten Badung, pekan lalu.

    Selain sebagai wujud aksi kepedilian terhadap kebersihan lingkungan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencegah keberadaan sampah plastik mencapai laut, sehingga perlu dilakukan dengan membersihkan beberapa sliran sungai di sekitarnya.

    “Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Sungai Watch untuk menjaga keberlanjutan lingkungan, dan hal ini sejalan dengan visi misi Paramatex sebagai perusahaan yang peduli terhadap keberlanjutan,” ujar Chris Rianto, selaku founder Paramatex, Jumat (1/12/2023).

    Dalam aksi tersebut, tim Paramatex dan Sungai Watch berhasil mengumpulkan lebih dari 400 kg sampah plastik, yang kemudian akan diolah kembali melalui proses daur ulang, sesuai dengan prinsip keberlanjutan yang menjadi fokus utama Paramatex, supplier kain tekstil di Bali. Pendekatan ini bertujuan untuk mengurangi dampak sampah plastik terhadap lingkungan dan menghasilkan produk yang dapat digunakan kembali.

    Baca Juga:  Bau Tak Sedap dan Kumuh, DLH Sidak Usaha Jual Ayam Potong

    Paramatex, sebagai penyedia kain tekstil ramah lingkungan, tidak hanya menonjolkan produk-produknya yang berkelanjutan, tetapi juga mengakui pentingnya mengintegrasikan sustainability dalam seluruh aspek bisnis. Mengingat, sustainability bukan hanya tentang produk ramah lingkungan, tetapi juga tentang bagaimana sebuah bisnis itu berjalan.

    Chris Rianto menyoroti peran kritis sumber daya manusia (SDM) dalam menjalankan operasional yang berkelanjutan, dengan fokus pada mindset pro-lingkungan. Ia juga menekankan bahwa keberlanjutan tercermin melalui partisipasi perusahaan dalam kegiatan sosial dan lingkungan.

    Sebagai contoh, kegiatan membersihkan sungai di Bali bersama Sungai Watch, saat memasuki musim penghujan kali ini menjadi bukti konkrit dari komitmen Paramatex untuk turut serta dalam upaya menjaga lingkungan, yang dimulai dari lingkungan terdekat. Paramatex tidak hanya memimpin dalam tren kain ramah lingkungan, tetapi juga sebagai organisasi yang aktif dalam menjalankan budaya bisnis yang bertanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitar.

    Baca Juga:  Bupati Tabanan Maksimalkan Potensi Agrowisata Petiga - Marga

    Sementara, Tami, selaku Manager Marketing Paramatex menjelaskan, Paramatex, sebagai pemasok kain terkemuka yang berbasis di Bali, memegang prinsip utama dalam industri fashion. Fokus utama Paramatex adalah menyediakan kain berkualitas tinggi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk mendukung perkembangan industri fashion di Indonesia.

    “Paramatex dengan bangga menempatkan diri sebagai partner dalam industri ini, dan yang membuat Paramatex unik adalah peran Paramatex sebagai agen perubahan dalam menjaga lingkungan dan memberikan dampak positif, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga di skala internasional,” kata Tami.

    Paramatex juga memiliki komitmen yang kuat dalam menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam semua aspek, tidak hanya berfokus pada pencapaian keuntungan semata, tetapi juga berusaha untuk memberikan kontribusi positif kepada lingkungan dan masyarakat di sekitar.

    Baca Juga:  NasDem Tabanan Tidak Kebagian Kursi DPRD di Pemilu 2024

    Bagi Paramatex, bisnis adalah sebagai sarana untuk menciptakan perubahan positif dalam industri fashion serta menjaga keberlanjutan lingkungan di Indonesia, serta memberikan dampak positif terhadap perekonomian negara ini. (Kb/djo)

    Back to top button