GianyarNews UpdatePendidikan

Razia di SMAN 1 Sukawati, Polisi Temukan Motor Knalpot Brong dan Langsung Tilang

    GIANYAR, Kilasbali.com – Memerangi pengendara motor yang berknalpot brong, benar-benar masif digelar jajaran kepolisian. Di Gianyar, Polsek Sukawati bahkan langsung menyambangi SMAN I Sukawati, Selasa (30/1).

    Sasarannya langsung mengarah ke para siswa yang baru tiba di parkiran sekolah dan siswa terjaring dan langsung ditindak.

    Memang, salah satu kebiasaan buruk dari para remaja adalah melanggar dan tidak menaati aturan lalu lintas yang baik dan benar.

    Seperti yang dilakukan para siswa SMAN I Sukawati, dari razia yang dilakukan jajaran Polsek Sukawati, banyak siswa yang didapati membandel.

    Baca Juga:  Hendak Beli Gas Elpiji, Motor Warga Dauh Peken Hilang Dicuri

    Hasil dari penindakan tersebut, ada motor yang menggunakan knalpot yang tidak sesuai persyaratan alias brong pun kena tilang. Demikian pula yang tidak mengenakan helm

    Kapolsek Sukawati, Kompol I Wayan Johni Eka Cahyadi mengatakan tujuan dari penertiban ini untuk membuat efek jera sehingga para pelajar tidak mengulangi pelanggaran tersebut.

    “Knalpot yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, melanggar Pasal 285 ayat 1 UULLAJ dipidana paling lama satu bulan dan denda paling banyak Rp 250.000.” ungkapnya.

    Baca Juga:  Suara Masih Fluktuaktif, Polisi Jaga Ketat Proses Perhitungan di PPK

    Disebutkan, kedatangan jajarannya untuk menggelar razia kendaraan berknalpot racing (brong) milik siswa memang tidak dinyana pelajar setempat.

    Sejumlah kendaraan berknalpot brong terjaring, ditindak tegas diberikan penyuluhan. “Razia ini dilaksanakan menyusul adanya keluhan dari masyarakat terkait maraknya siswa yang menggunakan sepeda motor bising dan menggangu ketertiban umum,” terangnya.

    Kepada pelajar yang sepeda motornya terjaring langsung diperintahkan menggantinya dengan knalpot standar. Sedangkan barang bukti knalpot brong diamankan di Mapolsek.

    Baca Juga:  Pembelian Gas Elpiji 3 Kilogram Segera Dibatasi

    “Usai melakukan razia anggota memberikan sosialisasi kepada pelajar agar menggunakan knalpot standar dan tidak lagi menggunakan knalpot bising,” pungkasnya. (ina/kb)

     

    Back to top button