BadungNews UpdatePendidikan

Petualangan Luar Biasa Alfred Russel Wallace di Indonesia Timur

Hari Pendidikan Internasional 2023, Konjen Australia Gelar Pembacaan Buku di Sekolah Dasar Negeri No. 1 Kuta, Badung

MANGUPURA, Kilasbali.com – Memperingati Hari Pendidikan Internasional pada Selasa, tanggal 24 Januari 2023, Konsulat-Jenderal Australia di Bali mengunjungi Sekolah Dasar Negeri No. 1 Kuta, Badung. Dalam kunjungan ini, Konsulat Jenderal (Konjen) Australia menggelar kegiatan pembacaan buku berjudul “Petualangan Luar Biasa Alfred Russel Wallace di Indonesia Timur”. Konsulat Jenderal Australia di Bali akan mendanai pencetakan versi bahasa Indonesia dari buku ini melalui Direct Aid Program (DAP), sebuah program hibah kecil.

“Tema Hari Pendidikan Internasional tahun ini adalah ‘berinvestasi pada masyarakat, memprioritaskan pendidikan’. Tema ini mengingatkan kita akan pentingnya memprioritaskan pendidikan untuk mempercepat kemajuan menuju pembangunan berkelanjutan dan pemberian kesempatan menempuh pendidikan yang setara bagi semua orang di dunia,” kata Konsul-Jenderal Australia, Anthea Griffin.

Griffin juga menjelaskan bahwa Sekolah Dasar No. 1 Kuta tergabung dalam Program Kemitraan Sekolah BRIDGE Australia-Indonesia yang menciptakan dan mendukung kerja sama antar sekolah dan membangun hubungan antar guru dan pelajar Australia dan Indonesia.

Baca Juga:  Bulan K3, Bali Gelar Donor Darah dan Demo APAR

“Hingga kini, lanjut dia, program BRIDGE telah membangun kemitraan antara sekitar 200 sekolah Australia dan Indonesia dan melibatkan sekitar 800 guru Australia dan Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD No. 1 Kuta, Desak Putu Pipit Mulyani mengapresiasi kunjungan dan program pembacaan buku pendidikan oleh Konsulat-Jenderal Australia. Melalui Program BRIDGE, SD No. 1 Kuta telah bermitra dengan Sekolah Dasar Whyalla Town di Australia Utara sejak 2017.

“Salah satu guru SD No. 1 Kuta telah melakukan homestay selama seminggu dan kunjungan sekolah di Sekolah Dasar Whyalla Town pada November 2022 untuk mempelajari lebih lanjut tentang komunitas sekolah mitra, budaya dan sistem pendidikan mereka,” tuturnya seraya mengatakan, dirinya juga telah mengunjungi Sekolah Dasar Whyalla Town beberapa tahun yang lalu.

Baca Juga:  Bocah 14 Tahun Nekat Mencuri untuk MiChat

Kegiatan pembacaan buku Pendidikan ini dihadiri oleh sekitar 80 siswa kelas 6 dan guru mereka, perwakilan dari Rotari Action Club Sanur serta SeaTrek Sailing Adventures yang terlibat dalam produksi buku tersebut, dan alumna Australia, Coco Melati, yang juga adalah ilustrator buku pendidikan ini. (jus/kb)

Berita Terkait

Back to top button