GianyarNews Update

TV Analog ke Digital, Ini Kendalanya

    GIANYAR, Kilasbali.com – Beralihnya siaran TV dari analog ke digital, pemerintah memberikan bantuan set top box (STB) kepada masyarakat tidak mampu. Bantuan STB ini sudah direalisasikan kepada masyarakat dan beberapa warga ada yang belum kebagian.

    Untuk Kabupaten Gianyar, bantuan STB diberikan kepada 1.800 warga tidak mampu yang mana datanya berasal dari pusat.

    Kadis Komunikasi dan Informatika Gianyar, Anak Agung Suryadiputra, Rabu (8/3) menjelaskan pemerintah akan menutup siaran analogdan beralih ke TV digit sampai akhir Maret 2023 ini.

    “Leading sektornya di kabupaten oleh Kominfo dan Dinas PMD, sedangkan yang berhak mendapatkan adalah warga yang masuk dalam Progran Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE),” jelas AA Suryadiputra.

    Baca Juga:  Manfaatkan Lahan Kritis, Desa Suwat Datangkan Kementerian Lingkungan Hidup

    Dia menjelaskan sudah rampung terpasang di Kecamatan Blahbatuh, Payangan, Ubud dan Tegalalang. “Empat kecamatan ini mendapat bantuan dari Lembaga penyiaran swasta dan sudah selesai pemasangan,” terangnya.

    Sedangkan tiga kecamatan lain, Gianyar, Sukawati dan Tegalalang bantuan STB dari pemerintah pusat. Ditambahkan saat ini yang belum terpasang adalah Kecamatan Sukawati dan Gianyar. Yang memasang STB dari pihak ketiga yang ditunjuk pemerintah.

    “Kita hanya mendampingi pemasangan, mengantar pihak vendor dan memastikan nama yang mendapat bantuan adalah yang berhak,” jelasnya.

    Baca Juga:  Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali 2024

    Dia menambahkan, untuk Kecamatan Gianyar dan Sukawati yang belum terpasang karena kendala data dari pusat soal sinkronisasi data.

    “Informasi terakhir data sudah sinkron dan mulai dipasang Kamis 9 Maret. Dari 1.800 bantuan, yang belum terpasang sekitar 400an dan pemasangan satu STB tidak memakan waktu lama,” pungkasnya. (ina/kb)

    Back to top button