GianyarNews Update

April 2023 Siaran Televisi Analog Ditutup

    GIANYAR, Kilasbali.com – Mulai awal April 2023, siaran televisi analog benar-benar ditutup, sebagian masyarakat Gianyar yang awal cuek, kini langsung kelabakan.

    Toko elektronik hingga toko online pun langsung banjir pesanan. Sementara sedikitnya 1800 KK miskin Gianyar boleh bersenyum lantaran kebagian set top box dari pemerintah.

    Mulai Sabtu hingga hingga Minggu (2/4) sejumlah toko elektronik terlihat sesak hanya lantaran set top box. Tak ketinggalan, kondisi yang sama juga terjadi di berbagai platform media sosial, seperti facebook, instagram dan sebagainya.

    Tak sedikit dari penjual di medsos itu adalah penjual dadakan. Yakni, dari yang awalnya menjual pakaian, kini beralih berjualan set top box.

    Baca Juga:  Disembunyikan Mahluk Halus? Warga Pesisir Pantai Lebih Hilang, Dua Hari Pencarian Masih Nihil

    Berbeda dengan masyarakat yang berkecukupan. Kini masyarakat kurang mampu di Kabupaten Gianyar tak dipusingkan oleh hal itu.

    Sebab Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gianyar, telah merampungkan pembagian set top box gratis untuk kepala keluarga (KK) miskin di Gianyar.

    “Jumlah penerima bantuan set top box di Kabupaten Gianyar, sebanyak 1.800 KK. Mereka tersebar di semua kecamatan,” ungkap Kepala Diskominfo Gianyar, Anak Agung Suryadiputra.

    Baca Juga:  Pembelian Gas Elpiji 3 Kilogram Segera Dibatasi

    Disebutkan, bantuan STB ini sudah 100 persen rampung. Terkait penerima,kata dia, hal tersebut mengacu pada data pemerintah pusat.

    “Data itu berasal dari pusat. Mereka yang dapat adalah yang masuk dalam Program Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE),” ujar Agung Suryadiputra.

    Terkait sumber dari bantuan set top box ini, kata dia, bukan hanya dari pemerintah. Namun juga dari televisi swasta.

    Baca Juga:  Ternyata Ini Penyebab TPS 14 Pering Dilakukan Pemungutan Suara Ulang

    “Empat kecamatan, yaitu Blahbatuh Payangan, Ubud dan Tampaksiring mendapat bantuan dari lembaga penyiaran swasta dan sudah selesai pemasangan,” terangnya.

    Sedangkan tiga kecamatan lain, Gianyar, Sukawati dan Tegalalang, kata dia bantuannya berasal dari pemerintah pusat.

    “Yang memasang STB dari pihak ketiga yang ditunjuk pemerintah pusat. Kita hanya mendampingi pemasangan, mengantar pihak vendor dan memastikan nama yang mendapat bantuan adalah yang berhak,” jelasnya. (ina/kb)

    Back to top button