KarangasemSeni BudayaTokoh

UU Provinsi Bali, Pemerintah Pusat Akui Potensi Budaya Bali

    KARANGASEM, Kilasbali.com – Dengan pengesahan Undang-Undang (UU) Provinsi Bali, ke depan akan ada perhatian khusus dari pemerintah pusat terhadap kebudayaan Bali.

     

    Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Bali, Tjok. Oka Sukawati (Cok Ace) disela-sela ngayah mesolah Topeng Sidakarya saat pelaksanaan Penyineban Karya Ida Betara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, Rabu, 26 April 2023.

    Baca Juga:  Marga Festival 2024 Berdayakan Seniman dan Kuliner Lokal

     

    “Riantukan (karena,red) Undang-Undang Provinsi Bali sampun disahkan dan bulan Mei ini sampun berlaku, ada pasal-pasal yang disana menyebutkan potensi Bali dalam hal niki Budaya termasuk di dalamnya seni,” ungkap Cok Ace.

     

    Menurutnya dengan adanya undang-undang ini, budaya Bali akan mendapat perhatian yang lebih besar, salah satunya dalam hal pendanaan.

    Baca Juga:  Ini Penjelasan Pj Gubernur Tentang Ranperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2023 dan RPJPD Provinsi Bali

     

    Sama seperti daerah lainnya yang memiliki sumber daya alam dan tambang, kebudayaan juga diakui sebagai kekuatan dan potensi di wilayah Bali.

     

    Ia menambahkan hal ini tidak terlepas dari budaya Bali yang merupakan kekuatan dan daya tarik utama Bali, sehingga pelestariannya tidak bisa terlepas dari partisipasi masyarakat serta pembiayaan yang memadai.

     

    Baca Juga:  Tingkatkan Prestasi Pencak Silat, Bupati Sanjaya Resmikan Padepokan Perisai Diri Tabanan

    “Artinya sangat baik sekali niki pusat sudah memberikan perhatian untuk budaya Bali melalui bantuan-bantuan selanjutnya,” kata Cok Ace. (m/kb)

     

    Back to top button