Ekonomi BisnisJembranaTokoh

Bangkitkan Perekonomian Bali

    JEMBRANA, Kilasbali.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Putri Koster mengajak semua pihak untuk membangkitkan perekonomian Bali, salah satunya dengan mengembangkan dan melestarikan kerajinan serta IKM Bali.

    “Saya mengapresiasi dibukanya Sentra Tenun Jembrana ini, jadi kita mulai dari sentra ini untuk tidak hanya melestarikan namun juga menjadi pusat edukasi bagi para IKM/UKM di Jembrana,” kata di saat menjadi narasumber dalam Focus Group Discussion bertajuk “Pelestarian dan Pengembangan IKM Tenun Jembrana”, di Sentra Tenun Jembrana, Jembrana, Kamis (22/12).

    Baca Juga:  Bupati Tabanan Tanam Cabai bersama KWT Dukuh Mesari Bongan

    Mengenai edukasi itu sendiri, kata Putri Koster, menekankan tidak hanya edukasi tentang pembuatan kain tenun, namun lebih dari itu, harus juga menyentuh unsur pemasaran, display hingga inovasi-inovasi.

    “Hal tersebut saya lakukan pada IKM di Taman Budaya Denpasar, saat mereka berjualan di Pameran Bali Bangkit. Jadi tidak hanya sembarangan jualan dan display barang, namun semua harus terstruktur jadi kerajinan kita kelihatan berkelas,” tuturnya.

    Baca Juga:  Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali 2024

    Dia mengajak para pedagang agar tidak hanya mengejar keuntungan sebesar-besarnya semata dan meminta mereka untuk tetap jualan dengan harga yang wajar.

    Terkait Sentra Tenun Jembrana, Putri Koster mengingatkan untuk menjual kerajinan khas Jembrana dan Bali yang dibuat oleh penenun Jembrana maupun Bali.

    “Jangan menjual barang-barang tiruan, seperti kain border yang menyerupai motif songket Bali yang diproduksi di Troso, Jawa Tengah,” pintanya. (jus/kb)

    Baca Juga:  JNE dan KONI Teken MoU Suksekan PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh

     

    Back to top button