BulelengNews Update

Jokowi Telah Banyak Membangun Bali

    BULELENG, Kilasbali.com – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) telah banyak membangun Bali. Hal tersebut disampaikan Gubernur Bali, Wayan Koster saat mendapingi Jokowi meresmikan Bendungan Tamblang di Buleleng, Kamis (2/2).

    Pembangunan Pelindungan Kawasan Suci Pura Agung Besakih di Kabupaten Karangasem, membangun tiga pelabuhan sekaligus, yaitu Pelabuhan Sanur di Denpasar, Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida, dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan.

    Baca Juga:  Gathering Bali Fashion Trend 2024 Pamerkan Karya 12 Desainer

    Tak hanay itu, Jokowi juga membangun jalan shortcut Singaraja-Mengwi, membangun Bendungan Tamblang yang diberi nama Bendungan Danau Kerthi Buleleng; dan membangun Bendungan Sidan di wilayah Badung-Bangli – Gianyar yang akan selesai pada akhir Tahun 2023.

    Dalam kesempatan itu Wayan Koster menjelaskan manfaat Bendungan Danau Kerthi Buleleng. Mulai dari mengurangi resiko banjir; mengaliri irigasi ke wilayah Bungkulan dan Bulian; penyedia air baku; hingga meningkatkan perekonomian masyarakat.

    Baca Juga:  Ratusan Musisi Lokal – Internasional Bakal Meriahkan Ubud Village Jazz Festival 2024

    “Bendungan Tamblang yang penamaannya diganti menggunakan nama kearifan lokal, yaitu Bendungan Danau Kerthi Buleleng memiliki makna untuk menyucikan dan memuliakan sumber mata air,” kata Koster.

    “Untuk itu, dalam filosofi Lontar Slokantara disebutkan bahwa membangun 1 bendungan lebih mulia dari pada menggali 100 sumur. Jadi kepemimpinan Presiden RI, Bapak Ir. Joko Widodo luar biasa untuk mensejahterakan dan membahagiakan masyarakat Bali,” pungkasnya. (m/kb)

    Back to top button