Gianyar

Sambut Hari Kemerdekaan RI, Gianyar Dihias Bendera Merah Putih

    GIANYAR, Kilasbali.com – Sambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78, seluruh pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Gianyar bergotong royong menghias area sepanjang pusat Kota Gianyar dan pusat kota kecamatan dengan ribuan bendera merah putih.

    Pemasangan dilakukan mulai tanggal 24 hingga 31 Juli 2023. Pemasangan bendera dilakukan lebih awal oleh Pemkab Gianyar karena menjelang Hari Raya Galungan, dimana kesibukan menyambut Galungan akan menyita waktu para pegawai.

    Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gianyar, Ir. I Dewa Gede Putra Amarta, M.Si mengatakan pemasangan Bendera Merah Putih disepanjang jalan Kota Gianyar oleh pegawai ASN maupun Non ASN yang dimulai dari tanggal 24 hingga 31 Juli 2023, dilakukan sesuai dengan Surat Menteri Dalam Negeri nomor 400.10.1.1/1965/SJ tentang Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023, dan Surat Menteri Dalam Negeri nomor 400.10.1.1/6287/polpum tentang Pencanaan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2023, serta Surat Edaran Gubernur Bali nomor B.16.001.2/4115/BID.lll/BKBP tentang  Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023.

    Bahkan untuk pengadaan bendera dan aksesoris lainnya dilakukan dengan dana swadaya dari ASN masing – masing kantor. “Pendanaan sendiri dilakukan dengan swadaya dari ASN masing – masing OPD,” ujar I Dewa Gede Putra Amarta.

    Baca Juga:  Pemprov Bali Cegah Ini Dunia Maya

    Terkait dengan ukuran bendera dan tiang bendera yang dipasang disamakan, yaitu 80 cm x 120 cm, tinggi tiang 4 meter dengan jarak pasang antar bendera 4 meter.

    Serta dalam pemasangan memperhatikan estetika, keamanan, ketertiban dan kenyamanan lingkungan sekitar. “Pemasangannya tidak menempel di pohon, tanaman taman kota ataupun rambu-rambu lalu lintas,” tegasnya.

    Lebih lanjut, untuk titik pemasangan bendera dilakukan di sejumlah titik, mulai batas taman kota sampai jembatan desa Bitera, keliling area Pasar Rakyat Gianyar, alun- alun kota hingga RSU Famili Husada, area luar Taman Makam Pahlawan Kreta Kirtya Mandala, batas taman kota sampai Patung Kapten I Wayan Dipta (Jl. Dharma Giri), area taman kota Gianyar, dan area jalan protokol  serta area depan kantor/OPD masing – masing.

    Baca Juga:  Parkir Sembarangan dan Picu Kemacetan, Puluhan Motor dan Mobil Digembosi

    Melalui kegiatan ini, setidaknya akan ada ribuan bendera merah putih yang menghiasi sepanjang jalan Kota Gianyar ketika peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 pada Agustus 2023 nanti. “Dari target ditetapkan 5.600 termasuk seluruh desa/kelurahan, banjar dan toko-toko yang ada di Kabupaten Gianyar,” tandasnya. (ina/kb)

    Back to top button