Gianyar

Nyaleg, Tiga Perbekel di Gianyar Mengundurkan Diri Diganti Penjabat

    GIANYAR, Kilasbali.com – Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa menyerahkan SK Pemberhentian Perbekel serta mengangkat tiga Penjabat Perbekel, Selasa (24/10) di Ruang Sidang Kantor Bupati Gianyar.

    Pengangkatan tiga Pj Perbekel dilakukan karena tiga perbekel sebelumnya mengundurkan diri dari jabatan perbekel karena akan maju dalam kontestasi politik tahun 2024 sebagai calon legislatif Kabupaten Gianyar.

    Tiga penjabat perbekel tersebut merupakan Pj. Perbekel Tampaksiring, Pj. Perbekel Manukaya dan Pj. Perbekel Sayan.

    Perbekel Manukaya, Dewa Putu Kencana mengajukan surat tertulis pengunduran dirinya kepada Pj. Bupati Gianyar dengan alasan akan maju sebagai calon DPRD Kabupaten Gianyar Dapil Tampaksiring.

    Hal serupa juga dilakukan oleh Kades Tampaksiring I Made Widana serta I Made Andika selaku Perbekel Desa Sayan yang mengundurkan diri juga maju sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Gianyar Dapil Ubud.

    Baca Juga:  Tingkatkan Kinerja Sekretariat DPRD Provinsi Bali Luncurkan E-Audiensi

    “Surat pengunduran diri saudara Perbekel telah disampaikan secara tertulis dengan alasan saudara mencalonkan diri sebagai calon Anggota DPRD Kabupaten Gianyar pada pemilu tahun 2024,” ujar Tagel Wirasa.

    Lebih lanjut Tagel Wirasa menjelaskan walaupun secara periodesasi jabatan ketiga perbekel tersebut belum berakhir, namun sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku pemberhentian perbekel dan pengangkatan penjabat perbekel adalah kewenangan Kepala Daerah, dan untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut perlu diangkat penjabat perbekel yang berasal dari ASN.

    Pj. Perbekel yang dilantik merupakan putra daerah dari desa bersangkutan, seperti I Kadek Sukariada asal Banjar Manukaya Let yang juga menjabat Kasi Pemerintahan di Kecamatan Tampaksiring ditunjuk sebagai Pj Perbekel Manukaya. Pj Perbekel Tampaksiring diisi oleh Ida Bagus Putu Budi asal Banjar Geria yang juga staf sosial di Kantor Camat Tampaksiring dan Pj Perbekel Sayan dijabat oleh I Ketut Gede Kesumawijaya asal Banjar Penestanan Kaja yang juga Pejabat Fungsional pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

    Baca Juga:  Catin Desa Bukian Ikuti Tes Narkotika BNN Gianyar

    Tak lupa, Tagel Wirasa juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi para perbekel yang telah mengabdikan dirinya demi kepentingan desa.

    “Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Perbekel Desa Tampaksiring, Perbekel Desa Sayan dan Perbekel Desa Manukaya, yang telah mampu melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, sehingga desa yang telah Saudara pimpin telah berhasil mewujudkan desa yang berkembang, maju dan mandiri,” ucapnya.

    Baca Juga:  Liburan Idul Adha, Polres Gianyar Perketat Pengamanan Obyek Wisata

    Mengingat desa sebagai ujung tombak pembangunan yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat, Tagel Wirasa menekankan Penjabat Perbekel harus mampu melaksanakan tugas secara profesional, terencana, terukur, terpadu dengan penuh inovasi yang nantinya mampu menumbuhkembangkan serta memberdayakan segenap potensi yang ada, baik potensi alam maupun potensi sumber daya manusia yang dimiliki oleh masyarakat desa, agar dapat digerakkan guna mendorong pelaksanaan pembangunan desa yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    “Kepada Saudara penjabat perbekel yang ditugaskan, saya harap saudara dapat segera berkoordinasi dengan BPD, para tokoh masyarakat dan lembaga kemasyarakatan di desa sehingga akan dapat bersinergi dan berkoordinasi dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan,” tandas Tagel Wirasa. (ina/kb)

    Back to top button