Gianyar

Selamatkan Nyawa, Polairud dan Balawista Terima Reward

    GIANYAR, Kilasbali.com – Kapolres Gianyar, AKBP I Ketut Widiada memberikan reward, yaitu penghargaan pada anggota dan non anggota kepolisian, Senin (6/11).

    Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan melakukan penyelamatan dan penanganan permasalahan di masyarakat.

    Total ada 10 orang yang menerima rewards. Dari total tersebut, sebanyak tujuh orang diberikan reward karena berhasil menyelamatkan nyawa empat orang wisatawan yang terseret arus saat mandi di Pantai Lebih pada Minggu 24 September 2023.

    Mereka ialah, Bhabinkamtibmas Desa Lebih, Aiptu I Made Sudiarta, PS Kasubnit Patwalair Unit Patroli Satpolairud Polres Gianyar, Aiptu I Made Sulatra, PS Kanitgakum Satpolairud Polres Gianyar, Aiptu Dewa Gede Mayun Arinata, PS Kasubnit Binmasair Unit Patroli Satpolairud Polres Gianyar, Aiptu I Wayan Sumatra.

    Baca Juga:  Tujuh Hari Menghilang, Nenek Padit Ditemukan Tak Bernyawa di Dasar Jurang

    Serta tiga orang anggota Balawista BPBD Gianyar, I Wayan Murjana, I Dewa Gede Bagus Renaldi dan I Wayan Gede Ginarta.

    Penyelamatan yang menuai apresiasi masyarakat saat adanya pengunjung terseret arus di Pantai Lebih, beberapa waktu lalu.

    Korbannya adalah Bastian Saragih (23), Daniel Sinaga, Joy Pandiangan (23) dan Ferry Manalu (24).

    Kejadian tersebut bermula saat keempat orang korban datang ke Pantai Lebih. Awalnya mereka hanya duduk dan makan bersama di tepi pantai, selanjutnya sekira pukul 16.00 Wita, 4 orang mandi dan berenang ke tengah laut.

    Secara tiba – tiba mereka terseret ombak, sempat berteriak dan melambaikan tangan minta pertolongan, selanjutnya dua orang Balawista memberikan pertolongan dibawa ke pinggir pantai.

    Saat itu mereka dalam keadaan tidak sadarkan diri. Sekira jam 17.35 Wita, personil Polairud, Balawista dan dibantu oleh warga membawa ke empat korban ke parkiran Pantai Lebih dan langsung dilarikan ke RSUD Sanjiwani dengan menggunakan ambulance PMI dan mobil pickup milik warga.

    Baca Juga:  Duet Perdana Gek Rani feat Aristya, 'Baliku' Lagu Nuansa Adat Budaya Bali

    Setelah diberikan pertolongan oleh tim medis, keempat korban pun selamat.

    Penghargaan juga diberikan pada tiga orang personil. Di antaranya, Bhabinkamtibmas Desa Petak Kelod, Bripka I Gusti Putu Agus Widiasa, PS Paur Subbagbekpal Baglog, Aiptu I Ketut Tama, dan PS Kasium Polsek Tampaksiring, Aiptu Ida Bagus Wira Adnyana.

    Mereka diberikan rewads karena berhasil mengimplementasikan kegiatan Sipandu Beradat, yakni menyelesaikan permasalahan masyarakat dengan jalur kekeluargaan.

    Baca Juga:  Gruduk Kantoran, Tim DLH Temukan Sampah 'Satu Lobang Rame-rame'

    Kapolres AKBP Widiada mengatakan, pemberian reward ini merupakan bentuk apresiasi serta penghargaan yang diberikan pimpinan atas dedikasi serta loyalitas yang tinggi saat melaksanakan tugas di lapangan, sehingga dapat mengharumkan nama institusi Polres Gianyar.

    “Melalui kesempatan ini, selaku pimpinan saya mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota atas prestasi yang telah diberikan, serta kepada masyarakat yang telah berperan aktif mambantu tugas kepolisian. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan serta diharapkan menjadi motivasi bagi rekan-rekan lainya,” ujar Kapolres.

    Selain pemberian reward, Senin itu, Kapolres juga melepas empat personil PNPP Polres Gianyar masa Purnabakti TMT 1 November 2023. (ina/kb)

    Back to top button