BulelengNews UpdateOlahraga

Buleleng Segera Miliki Sirkuit Sport Tourism

BULELENG, Kilasbali.com – Jambore Nasional Ikatan Motor Indonesia atau Jamnas IMI yang digelar selama tiga hari pada 9-11 Desember 2022 berlangsung sukses.

Kegiatan touring otomotif yang disupport penuh oleh IMI Bali itu, juga mendukung pemulihan dan pergerakan ekonomi, khususnya di Buleleng makin bergairah. Potensi ini kini terus dikembangkan, bahkan menjadikan Kabupaten Buleleng memiliki destinasi baru dengan wisata otomotif.

Bahkan, IMI Buleleng akan bersinergi dengan IMI Bali akan membuat sirkuit di tahun 2023, sehingga Kabupaten Buleleng bisa terus menggelar hajatan otomotif berskala tingkat nasional.

Hal itu, disampaikan langsung oleh Ketua Pengcab IMI Buleleng, I Gede Purnawan yang menjelaskan Jamnas IMI yang digelar di pasca pandemi Covid-19 sangat diharapkan oleh masyarakat, terutama para penghobi otomotif di Buleleng.

Pasalnya, semua penggemar otomotif bisa ikut membantu menggerakan pemulihan ekonomi, terutama pariwisata di Bali. Apalagi Kabupaten Buleleng memiliki banyak atlet-atlet muda pada Cabor otomotif dan komunitas otomotif, sehingga pihaknya berharap ke depan event-event otomotif bisa terus digelar di Buleleng sebagai ajang wisata otomotif di Bali.

“Kita di tahun 2023 akan berkoordinasi dengan Ajik Krisna (Ketua Umum IMI Bali, red), agar terus menggelar event otomotif di Buleleng. Dan kita juga akan mendukung segera membangun sirkuit di Buleleng, sehingga Kabupaten Buleleng akan memiliki destinasi wisata baru yaitu wisata otomotif,” ungkapnya saat ditemui di Rumah Jabatan Ketua DPRD Buleleng, pada Jumat (9/12/2022).

Baca Juga:  Perdana Pascacovid-19, Wisatawan Tiongkok Tiba di Bali

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna SH., mengakui Jamnas IMI beberapa pekan lalu sudah jelas membawa warna baru bagi Kabupaten Buleleng. Sebab berbagai komunitas otomotif seluruh Indonesia mendatangi Kabupaten Buleleng, sehingga berdampak bagi perekonomian Buleleng kembali bergairah.

“Adanya Jamnas IMI membawa angin segar untuk Buleleng. Bahkan para peserta Jamnas kemarin pun melakukan touring melihat desa-desa di Kabupaten Buleleng dengan melakukan trail adventure. Dan kami sangat bersyukur pada IMI yang telah mendorong membentuk wisata baru yaitu sport tourism,” ungkapnya.

Lanjut Supriatna, dengan adanya gebrakan baru yakni wisata otomotif, pihaknya akan mendorong dan berkoordinasi dengan Ketua Umum IMI Bali yang berencana akan membangun sirkuit di Buleleng.

Baca Juga:  Dewa Alit Dilantik Jadi Sekda Gianyar

“Setidaknya ke depan Kabupaten Buleleng akan mempunyai sirkuit untuk rally, drag race. Dan kita sebagai dewan akan mendukung rencana ini, sebab sirkuit ini bisa menjadi potensi wisata baru di Buleleng,” tegasnya.

Politisi senior PDI Perjuangan yang digadang-gadang menjadi Bupati Buleleng periode 2024 -2029 itu, sangat optimis potensi wisata otomotif sudah pasti akan sukses menggerakan ekonomi di Buleleng.

Baca Juga:  Sinergitas dan Proaktif Stakholder, Wujudkan Pemilu yang Kondusif

Pasalnya, Kabupaten Buleleng sudah terbiasa menjadi tuan rumah acara otomotif berskala nasional, dan bisa dikatakan sukses dilihat dari okupansi hotel yang meningkat ketika setiap hajatan Jamnas otomotif seperti, Jamnas VW beberapa tahun lalu pesertanya cukup ramai datang dari seluruh Indonesia.

“Nah momen ini kan sangat baik kita memanfaatkan, untuk memperkenalkan wisata dan kuliner di Kabupaten Buleleng,” paparnya. (dk/kb)

Berita Terkait

Back to top button