News UpdatePendidikanTokoh

Mantan Pangdam IX/Udayana Raih Gelar Doktor Bidang Manajemen UNJ

    JAKARTA, Kilasbali.com – Mayor Jenderal (Purn) Komaruddin Simanjuntak, SIP, MSi, yang pernah menjabat Panglima Kodam Kodam IX/Udayana (31 Maret 2017 – 4 Januari 2018), berhasil meraih gelar doktor dibidang manajemen dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), di Gedung Pascasarjana UNJ, Rawamangun, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

    Pria berkumis tebal kelahiran Pematang Siantar, Simalungun, Sumatra Utara, 10 Januari 1960 itu berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Human Capital, dan Perilaku Kerja Inovatif terhadap Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pegawai Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)”.

    Disertasi suami dari Vera Dumonga Silitonga ini diuji secara terbuka oleh beberapa guru besar UNJ masing-masing, Prof Dr R Madhakomala, MPd, Prof Dr Ir Kazan Gunawan, Prof Dr Dedi Purnama, ES, MBus, Prof Dr Hamidah, SE, MSi, Prof Dr Corry Yohana, MM, Agung Dharmawan Buchdadi, MSi, PhD, dan Prof Dr Ir Anoesyirwan Moeins, MSc (penguji dari luar UNJ).

    Desertasi Komaruddin Simanjuntak yang didasari terhadap sikap kepedulian sosial, kamanusiaan, dan mengapresiasi peran serta keberadaan lembaga BNPB ini, mendapat hasil maksimal dengan predikat sangat memuaskan.

    Baca Juga:  Band Indie Rock Galiju Luncurkan Album 'Resonant' 

    “BNPB merupakan lembaga yang penting untuk menanggulangi bencana demi menyelamatkan manusia, sehingga harus kompeten dan memiliki kualitas sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni agar dapat menanggulangi bencana alam secara cepat dan terukur, dengan kepemimpinan transformasional, human kapital dan perilaku kerja inovatif para pegawai BNPB,” ujar Komaruddin.

    Mengingat, human kapital adalah salah satu faktor yang dapat membuat kepemimpinan transformasional mempengaruhi perilaku kerja inovatif secara signifikan.

    Untuk itu, human kapital perlu ditingkatkan dengan cara workshop atau pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill dari para pegawai BNPB.

    Baca Juga:  TP PKK Bali Berbagi Kasih dengan Warga Tuna Wicara di Desa Bengkala

    Menurut Komaruddin, kepemimpinan transformasional sangat penting untuk memastikan para pegawai dapat bekerja sesuai dengan visi yang ditetapkan dan harus mampu mengkombinasikan secara jelas kepada semua pegawai BNPB.

    Bahkan, untuk meningkatkan kualitas SDM, Komaruddin bakal mendiskusikan hasil penelitian ini dengan pihak BNPB.

    Selain mengapresiasi, Prof Kazan Gunawan menyebutkan bahwa disertasi tersebut layak untuk diaplikasikan untuk meningkatkan kualitas SDM para pegawai BNPB.

    Baca Juga:  Tujuh Hari Menghilang, Nenek Padit Ditemukan Tak Bernyawa di Dasar Jurang

    Bahkan bisa digunakan oleh BNPB atau institusi lainnya untuk saling melengkapi, agar pemimpin bisa memberikan contoh kepemimpinan transformasional dan para pegawainya memiliki perilaku kerja inovatif dan human kapital yang baik. (Kb/djo)

    Back to top button