BangliSosial

Tanam Ribuan Pohon, Pangdam Udayana Kick Off Pelestarian Alam

    BANGLI, Kilasbali.com – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi memimpin Kick Off Pelestarian Alam Kodam IX/Udayana di Wilayah Korem 163/Wira Satya di Area Pura Pasar Agung, Gunung Batur, Kintamani, Bangli, Kamis (4/1).

    Kick Off Pelestarian Alam ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti kebijakan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, kepada jajaran TNI AD yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia termasuk Kodam IX/Udayana dari Bali sampai Nusa Tenggara dengan mengusung tema “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI”.

    “Ini merupakan kali kedua Kodam IX/Udayana melaksanakan kegiatan pelestarian alam di wilayah Kabupaten Bangli, dimana sebelumnya di area Danau Batur ini kita telah menuangkan Eco Enzyme dalam jumlah ribuan liter, penebaran bibit ikan, penyerahan bibit pohon produktif kepada masyarakat dan pembersihan area danau,” ungkap Pangdam.

    Dijelaskan, kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan di wilayah Kodam IX/Udayana dari Bali sampai Nusa Tenggara  dengan melibatkan seluruh satuan komando kewilayahan (Satkowil), dan satuan non komando kewilayahan (Satnonkowil) serta bekerjasama dengan pemerintah daerah, instansi terkait, stakeholder lainnya dan juga masyarakat.

    Baca Juga:  Volume Sampah di Tabanan Meningkat 10 Persen Saat Galungan

    Adapun sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan Kick Off Pelestarian Alam tersebut antara lain, terwujudnya fungsi lingkungan hidup, mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan, serta terjaganya fungsi lingkungan seperti pantai, sungai, danau, gunung, bukit maupun tempat lainnya agar tetap alami.

    Pangdam berharap, semua pihak mulai dari pemerintah hingga masyarakat, mempunyai komitmen yang sama untuk mewujudkan lingkungan yang lebih baik, terjaga, lestari dan bersahabat dengan kehidupan manusia khususnya di Wilayah Provinsi Bali.

    Sementara itu, Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya yang hadir dalam acara itu, mengucapkan terima kasih kepada Pangdam IX/Udayana atas terselenggaranya kegiatan pelestarian alam dengan penanaman pohon.

    Baca Juga:  Volume Sampah di Tabanan Meningkat 10 Persen Saat Galungan

    Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk merawat alam, memuliakan ciptakan Tuhan serta untuk menghadapi perubahan iklim, yang akan menyebabkan kekeringan dan kemarau panjang serta pada kesempatan ini seluruh undangan yang hadir bisa melakukan secara langsung merawat dan melestarikan alam demi kelangsungan hidup umat manusia.

    Untuk diketahui, Kodam IX/Udayana telah menyiapkan beberapa materi kegiatan Kick Off Pelestarian Alam yang meliputi, Pertama : Pembersihan pantai, danau, sungai, gunung maupun lingkungan sekitar.

    Kedua : Melaksanakan penanaman pohon, baik jenis pohon hutan maupun pohon produktif pada kawasan pegunungan, perbukitan atau lahan kosong lainnya dan yang ketiga Pengelolaan sampah organik dan anorganik.

    Baca Juga:  Volume Sampah di Tabanan Meningkat 10 Persen Saat Galungan

    Kegiatan Kick Off Pelestarian Alam hari ini secara serentak dilaksanakan di 8 (delapan) Kabupaten di wilayah Provinsi Bali melalui Kodim jajaran Korem 163/WSA dengan melibatkan 2.532 orang, meliputi berbagai kegiatan sebagai berikut : Penghijauan dengan menanam 1.025 bibit pohon dan area pembersihan seluas 29.700 M2. (m/kb)

     

    Back to top button