Jembrana

Kumulatif Kasus Positif di Jembrana 27 Orang, Transmisi Lokal Empat

    JEMBRANA, Kilasbali.com – Kasus positif covid-19 di Kabupaten Jembrana kembali bertambah. Dari jumlah kumulatif 27 orang positif di Bumi Makepung ini pada Minggu (14/6/2020), empat diantaranya adalah transmisi lokal.

    Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha mengatakan, sudah ada empat kasus transmisi lokal.

    “Pertama dari Baler Bale Agung, kedua dari Banyubiru, ketiga dari Desa Pengambengan, dan terbaru warga Desa Berangbang. Hanya saja untuk kasus kedua itu, warga positif dari Banyubiru yang perlu penelusuran lebih jauh, apakah transmisi lokal atau transmisi dalam negeri,” sebutnya.

    Pihaknya pun mengingatkan kepada masyarakat Jembrana. Apabila ada kerabat yang datang dari luar daerah, kata dia, pihak keluarga mesti benar-benar menanyakan riwayat maupun kondisi kesehatannya.

    Baca Juga:  Ratusan Taekwondoin Bali Ikuti Diklat Penguji dan Kepelatihan hingga UKT

    “Transmisi lokal ini harus kita waspadai. Pihak keluarga mesti menanyakan dengan detil kondisi kesehatan kerabatnya yang datang. Bila ada keluhan maupun sakit, bisa dikoordinasikan dengan pihak satgas di desa masing-masing,” ujarnya.

    Dengan bertambah kasus positif dari tansmisi lokal ini, pihaknya mewanti wanti agar penerapan protokol kesehatan penanganan Covid-19 diberlakukan lebih ketat lagi.

    Diantaranya selalu menggunakan masker, menjaga jarak, serta berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan rajin mencuci tangan sebelum menyentuh areal wajah.

    Baca Juga:  Ini Dia Perda Lokasi Larangan Menaikkan Layangan di Bali

    Sementara kabar baiknya, dari kumulatif 27 paisen positif Covid-19 asal Jembrana, 18 pasien telah dinyatakan sembuh. Sedangkan sisanya sejumlah 9 pasien positif atau kasus aktif, kini masih dirawat di RSU Negara. (gus/kb)

    Back to top button