JembranaPendidikan

Pertikawan Regional Bali Nusra 2023, Pj Mahendra Jaya Sampaikan Ini

    JEMBRANA, Kilasbali.com – Pj Gubernur Bali SM Mahedra Jaya selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Bali diwakili oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali Made Rentin menghadiri Upacara Pembukaan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Regional Bali Nusra Tahun 2023 di Halaman Kantor Balai Taman Nasional Bali Barat, Sabtu (18/11).

    Dalam sambutan, Pj Gubernur yang dibacakan oleh Kwarda Bali menyampaikan bahwa acara yang menggabungkan semangat kebaktian terhadap lingkungan dan alam ini merupakan momentum yang sangat berharga bagi pemuda-pemudi pilihan dari Bali dan Nusa Tenggara.

    Perkemahan bukan hanya sekadar tempat berkumpul, namun menjadi wadah yang memberikan kesempatan luar biasa bagi para anggota Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian terhadap pelestarian alam, keberlanjutan lingkungan, serta penghormatan terhadap keanekaragaman hayati.

    Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti, sebagai bagian dari Gerakan Pramuka, memiliki peran strategis dalam membangun generasi yang sadar akan pentingnya melestarikan lingkungan hidup.

    Baca Juga:  Blue Economy Innovation: For Shared Prosperity

    “Keterlibatan dan kontribusi kita akan memberikan dampak yang signifikan dalam menjaga kelestarian alam demi masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang,” katanya. Untuk itu, Pj Gubernur Bali mengajak para peserta untuk manfaatkan momen berharga ini untuk saling bertukar pengalaman, belajar, dan memperkuat semangat gotong royong serta kepedulian terhadap lingkungan.

    Melalui sambutannya, Pj Gubernur berharap Pertikawan Regional Bali Nusra Tahun 2023 hendaknya sebagai sarana belajar untuk meningkatkan keterampilan dan kecakapan hidup dalam bidang tata kelola hutan lestari, keterampilan, kewirausahaan, keprofesian dan kerelawanan baik dalam bidang lingkungan hidup maupun kehutanan dan partisipasi aktif dalam Gerakan perubahan sosial khususnya dalam pengembangan Desa Pramuka berbasis desa Proklim dan desa Konservasi.

    Dan diharapkan pula melalui perkemahan tersebut dapat dijadikan sebagai panggung untuk berbagi semangat, pengetahuan, dan kepedulian kita terhadap alam. Semoga kebersamaan ini dapat menginspirasi dan menciptakan dampak positif yang nyata bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

    Baca Juga:  WWF di Bali, Indonesia Jadi Pusat Perhatian Dunia

    Dalam kesempatan tersebut, acara pertikawan dibuka oleh Sekretaris Jendral Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Bambang Hendroyono dengan pemukulan gong, kemudian dilanjutkan penyematan tanda peserta.

    Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang diwakili oleh Andalan Pramuka, Sekretaris dan Anggota Mabida Kwarda Bali, Mabi Saka Kalpataru dan Wanabakti Nasional selaku Koordinator Umum Tim Pendamping Pertikawan Regional (Pramu Risanto MM), Sekretaris Umum Pimpinan Saka Kalpataru dan Wanabakti Nasional (Ir. Hezlisyah Siregar, MF., MBA), Koordinator Teknis Kepramukaan Pertikawan Regional (Anis Ilahi Wahdati), Kepala UPT KLHK di Wilayah Provinsi Bali, NTB dan NTT, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Bali Nusa Tenggara Timur serta undangan terkait lainnya. (m/kb)

    Back to top button