Buleleng

Lihadnyana Dianugerahi Kartika Pamong Praja Muda dan Alumni Kehormatan IPDN

BULELENG, Kilasbali.com – Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mendapat Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dan Alumni Kehormatan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Tanda penghargaan diserahkan langsung oleh Rektor IPDN Hadi Prabowo, di Kampus IPDN Jakarta, Jumat (1/9).

Hadi Prabowo menjelaskan, anugerah ini diberikan setelah melalui proses penilaian secara ketat oleh tim internal IPDN. Salah satu indikator penilaian yang digunakan yaitu kepala daerah yang bersangkutan dianggap berhasil dalam membangun tata kelola pemerintahan yang baik, serta berhasil dalam aspek pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan, dan kemasyarakatan.

“Oleh karena itu, setelah melalui penilaian dari tim, kami dengan segenap civitas akademika memutuskan untuk memberikan penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dan sekaligus sebagai Alumni Kehormatan kepada Bupati Sumedang, Bupati Deli Serdang, Walikota Kotamobagu, dan Penjabat Bupati Buleleng,” jelasnya.

Baca Juga:  Kodam IX/Udayana 'Turun Gunung' Rehab 283 Rumah Tidak Layak Huni di Buleleng

Lebih lanjut dikatakan, pemberian penghargaan ini oleh IPDN sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 80 Tahun 2022 tentang Statuta IPDN. Dimana pada statuta tersebut disebutkan bahwa IPDN dapat memberikan penghargaan kepada seseorang termasuk kepala daerah atas prestasinya dalam memajukan pemerintahan dan berkontribusi dalam mendukung proses pendidikan di IPDN.

Berdasarkan penilaian tim, Pj Bupati Buleleng dianggap telah mampu membawa perubahan dalam tata kelola pemerintahan di daerah. Lihadnyana juga dipandang berani dalam mengambil suatu kebijakan untuk memperbaiki tata kelola dan pelayanan publik.

Selain itu, Lihadnyana juga dianggap telah memberikan kontribusi dalam mendukung proses pendidikan di IPDN. Dengan memberikan dukungan dalam pengembangan keterampilan berkesenian bagi praja dan kontribusi lainnya dalam mendukung aktivitas praja.

Baca Juga:  Kodam IX/Udayana 'Turun Gunung' Rehab 283 Rumah Tidak Layak Huni di Buleleng

“Meskipun beliau ini penjabat, tetapi berani dalam mengambil keputusan. Ini tentu menjadi tantangan bagi calon-calon penjabat kepala daerah,” kata Hadi Prabowo.

Sementara itu, Lihadnyana menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada lembaga IPDN yang sudah memberikan penghargaan ini. Baginya, penghargaan ini sebagai sebuah tantangan tersendiri untuk lebih meningkatkan kinerjanya sebagai Penjabat Bupati.

“Dengan penghargaan ini, tentu menjadi tantangan bagi saya untuk terus berinovasi dan berupaya dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan dan mutu pelayanan publik kita di Buleleng”, ungkapnya.

Baca Juga:  Kodam IX/Udayana 'Turun Gunung' Rehab 283 Rumah Tidak Layak Huni di Buleleng

Selain Pj Bupati Buleleng, tiga kepala daerah yang juga dianugerahi penghargaan yang sama yaitu Bupati Sumedang, Bupati Deli Serdang, dan Walikota Kotamobagu. (ard/kb)

Berita Terkait

Back to top button