Buleleng

Pramuka Buleleng Raih Anugerah dari Kwartir Nasional dan Kwartir Daerah

    BULELENG, Kilasbali.com – Sebanyak 27 anggota Pramuka Buleleng yang terdiri dari anggota dewasa dan anggota muda mendapatkan penganugerahan lencana kehormatan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka serta 8 anggota dewasa mendapatkan anugerah lencana Panca Warsa dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali.

    Hal itu terungkap dalam puncak peringatan Hari Pramuka ke-62 yang digelar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng, di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja, Sabtu 2 September 2023.

    encana kehormatan dari Kwarnas diantaranya diberikan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd yang juga Ketua Kwarcab Buleleng berupa Lencana Darma Bakti bersama Kepala Satuan Internal Kwarcab Buleleng, Ni Luh Tujuh Geni, S.Pd., M.Pd., dan Pelatih Pasupati Pusdiklat Kwarcab Buleleng I Made Jimat, S.Pd., M.Pd., serta satu lencana melati diberikan kepada Made Santika, S.Pd., selaku Pengurus di Kwarcab Buleleng.

    Selain lencana melati dan lencana darma bakti, Kwarnas juga memberikan lencana karya bakti atas keterlibatan anggota pramuka buleleng berkaitan dengan penanganan Covid-19 dan Penyakit Kuku dan Mulut (PMA) di Kabupaten Buleleng kepada Pengurus Kwarcab Buleleng, Pengurus Pramuka Peduli Kwarcab Buleleng dan Dewan Kerja Cabang (DKC) Buleleng.

    Baca Juga:  TP PKK Bali Berbagi Kasih dengan Warga Tuna Wicara di Desa Bengkala

    Sementara, 8 lencana Panca Warsa diberikan kepada pengurus, pembina dan pelatih di Kwarcab Buleleng yang meliputi Panca Warsa I sebanyak 5 orang dan masing-masing 1 orang berupa Panca Warsa II, VI dan IX.

    Disisi lain, program yang telah dilakukan Kwarcab Buleleng berkaitan dengan kegiatan kemusiaan juga menjadi perhatian langsung Ketua Kwarda Bali Made Rentin, sebab aksi yang dilakukan Kwarcab Buleleng menjadi salah satu faktor yang mendukung Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Bali menduduki peringkat ke-4 terbaik nasional.

    “Kwarcab Buleleng terpantau sangat aktif mengikuti berbagai aktifitas rutin tahunan yang dilakukan dalam rangka Hari Pramuka ke-62. Sehingga menjadi salah satu indikator Kwarda Bali berada di peringkat empat nasional setelah Kwartir Daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” beber Kakwarda Bali Made Rentin.

    Sementara, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Buleleng Gede Suyasa menyebutkan, keaktifan pramuka Buleleng tidak lepas dari komitmen seluruh anggota dalam menjalankan program kerja termasuk turut serta dalam berbagai kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Buleleng.

    Baca Juga:  Cerita Pilu Keluarga Kakak Adik Bundir Terjun dari Jembatan Tukad Bangkung

    “Saya juga mengucapkan terimakasih kepada pengurus dan anggota Kwarcab Buleleng. Karena seluruh program yang kita rancang dengan jadwal yang jelas itu dijalankan. Jadi waktunya ditetapkan, keterlibatan, dan bentuk kegiatan. Sehigga kita bisa melaksanakan seluruh agenda yang diamanatkan baik oleh pusat maupun dari program kerja yang kita susun sendiri,”ucapnya.

    Ka Kwarcab Gede Suyasa terus memastikan agar Pramuka Buleleng memiliki program kerja yang dapat dijalankan. Termasuk dalam input data pada aplikasi Siap Sapa Kwarda Bali. “Kita akan cek lagi dimana kendalanya, supaya sampai akhir tahun kita bisa masuk lebih banyak lagi. Kami sedang berproses sehingga data-data yang dibutuhkan kita bisa input segera dan seluruhnya bisa masuk di aplikasi Siap Sapa Kwarda Bali,”jelasnya.

    Pramuka Buleleng menurut Gede Suyasa terus melakukan kegiatan yang mengarah pada digitalisasi. Langkah awalnya adalah dalam menyelenggarakan lomba Hari Pramuka ke-62. Dimana media sosial tak hanya sebagai media berlomba, namun juga mengenalkan Pramuka Buleleng ke lingkungan yang lebih luas.

    “Sesungguhnya digitalisasi adalah pemindahan dari konvensional ke sistem informatika. Oleh karena itu seluruh kegiatan yang bisa kita lakukan dengan digitalisasi kita alihkan kesitu. Karena satu lebih valid, databasenya lebih kuat, dokumentasinya lebih bagus. Sehingga suatu ketika kita membutuhkan referensi sebelumnya tinggal buka, tidak lagi membongkar arsip manual yang cenderung bisa hilang,” ujar Suyasa.

    Baca Juga:  Cerita Pilu Keluarga Kakak Adik Bundir Terjun dari Jembatan Tukad Bangkung

    Dalam puncak peringatan Hari Pramuka di Buleleng itu juga diserahkan hadiah dan piala untuk Juara Bali Scout Creativity IV Kwarda Bali termasuk penyerahan hadiah dan piala lomba yang digelar Kwarcab Buleleng dalam rangkaian Hari Pramuka ke-62, diantaranya, lomba video (Kata, Nyanyi dan Tari) Kanyita penggalang, lomba video tiktok penggalang, lomba reel instagram penegak dan pandega, lomba menggambar siaga putra dan lomba menggambar siaga putri serta lomba artikel pembina pramuka termasuk lomba PBB Variasi dan LKBB Tongkat. (ard/kb)

    Back to top button