BulelengSosial

Komunitas Beten Sabo Ngayah Bersih Sampah

Aksi Sosial di Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih

    SINGARAJA, Kilasbali.com — Komunitas Beten Sabo Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Buleleng menggelar aksi kebersihan, aksi kebersihan di areal Pura Besakih, Jumat (14/4).

    Komunitas Beten Sabo beranggotakan 13 orang diketuai oleh Ketut Kariasa itu, melakukan aksi kebersihan di pelataran Pura Besakih berbaur dengan ribuan umat Hindu serangkaian upacara Karya Ida Betara Turun Kabeh.

    Baca Juga:  Bupati Sanjaya Apresiasi Kekompakan Warga Desa Adat Juwuk Legi

    I Gede Weda Sugama menjelaskan, aksi kebersihan komunitas Beten Sabo di areal Pura Besakih tersebut sebagai bentuk ngayah bertujuan mengurangi volume sampah di areal jeroan Pura Besakih.

    “Mengurangi volume sampah plastik dan organik agar areal Pura Besakih khususnya di jeroan tetap terlihat bersih. Kami pilah dan pisahkan sampah plastik dan organik. Sampah itu kami masukkan ke dalam karung yang sudah kami siapkan, sebelum diangkut truk pengangkut sampah. Harapan kami, dengan menjalankan kegiatan ini secara konsisten nantinya tertanam budaya bersih sebagai bagian dari karakter bangsa Indonesia,” singkatnya.

    Baca Juga:  Panen Cabai hingga Ikan Nila di Buleleng, Mahendra Jaya Ungkap Ini

    Imbuh Weda, aksi kebersihan memberikan nilai tambah serangkaian Karya Ida Betara Turun Kabeh.

    “Nilai tambah dimaksud, aksi ngayah kebersihan ini mengetuk kepedulian pemedek pentingnya menjaga kebersihan,” pungkasnya. (ard/kb)

    Back to top button