KarangasemTokoh

Pemedek Tangkil Saat Karya Ida Bhatara Turun Kabeh Capai 700 Ribu Orang

    KARANGASEM, Kilasbali.com – Pemedek yang tangkil saat Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, Karangasem mencapai 700 ribu orang. Pemedek tahun ini lebih banyak yang tangkil dari tahun sebelumnya. Karena ada yang ingin tahu secara langsung Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih yang selesai dibangun.

    Hal tersebut disampaikan Gubernur Bali, Wayan saat Penyineban Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, Karangasem, Rabu (26/4). Penyineban ditandai dengan prosesi nuwek bagia pula kerthi.

    “Untuk kendaraan yang datang ke Besakih selama 21 hari, jumlahnya hampir mencapai 125.000, di mana roda dua lebih dari 36.000, roda empat lebih dari 85.000, bus lebih dari 2.000, dan truk hanya 3 yang ke Besakih dengan sirkulasi parkir berjalan dengan lancar. Jadi, saya sedang menguji sistem pelayanan ini, sehingga tahun depan harus lebih baik lagi pelayanannya,” sebutnya.

    Terkait kebersihan, Koster juga memantau langsung ketertiban pemedek. Menurutnya, ada yang sudah tertib, habis makan sampahnya dimasukan kembali ke tas kantong, tetapi ada juga kasus yang membuang sampah di tangga parkir. Begitu juga mengenai larangan menggunakan tas plastik sekali pakai, tercatat di hari pertama pada tanggal 5 April 2023 cukup banyak ada pemedek yang menggunakan tas plastik.

    Baca Juga:  Bupati Tabanan Maksimalkan Potensi Agrowisata Petiga - Marga

    Namun beberapa hari selanjutnya, sudah berkurang penggunaan tas plastik setelah panitia menertibkan pemedek yang membawa tas plastik harus dilepas dari area Manik Mas, sehingga penggunaan tas plastik dan sampah plastik di kawasan suci Besakih ini sudah mulai berkurang.

    Koster menambahkan, petugas yang terlibat dalam karya ini mencapai 940 orang yang terdiri dari kepolisian 431 orang, instansi Pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Kabupaten Karangasem, PLN, Perbankan dan Organisasi lainnya yang mencapai 509 orang.

    Ada juga yang berpartisipasi untuk memberikan pelayanan service kendaraan, tercatat sebanyak 387 unit kendaraan yang di service gratis di Terminal Kedungdung. Pemeriksaan Kesehatan juga dilakukan di Pos Pelayanan Kesehatan yang jumlahnya mencapai 1.210 orang. 9.

    Baca Juga:  Bapemperda DPRD Tabanan Optimis Jalankan Program Pembahasan Ranperda di Tahun Politik

    Dari keseluruhan pelayanan yang didapatkan, lanjut Koster, pemedek secara umum menyampaikan telah berjalan lancar, aman, nyaman, damai, tertib, indah, dan membahagiakan. “Pemedek juga ada yang memberikan penilaian luar biasa terhadap adanya fasilitas Kawasan Suci di Pura Agung Besakih,” pungkasnya. (m/kb)

     

    Back to top button