BulelengSosial

Kodam IX/Udayana ‘Turun Gunung’ Rehab 283 Rumah Tidak Layak Huni di Buleleng

Kolaborasi dengan Pemkab Buleleng Selesaikan Kemiskinan Ekstrem

    BULELENG, kilasbali.com – Kodam IX/Udayana ‘turun gunung’, dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng menggelar kegiatan Karya Bakti berupa perehaban 283 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi masyarakat miskin ekstrim yang tersebar di Wilayah Kabupaten Buleleng.

    Karya Bakti tersebut dibuka langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, di Lapangan Seririt, Kabupaten Buleleng, Selasa (19/9/2023).

    Melalui Kodim 1609/Buleleng, Kodam IX/Udayana bersama Pemkab Buleleng serta dukungan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari berbagai perusahaan di wilayah Bumi Panji Sakti melaksanakan rehab RTLH dalam rangka pengentasan masyarakat miskin ekstrim.

    Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan Bakti Sosial berupa pembagian Sembako serta pengobatan gratis seperti pemeriksaan mata, operasi katarak, pelayanan KB, pembagian PKH dan pelayanan SIM yang diikuti sekitar 800 orang.

    Baca Juga:  Buka Mukerkot PMI Kota Denpasar, Arya Wibawa Harapkan Ini

    Dalam sambutannya, Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa TNI sebagai salah satu komponen bangsa turut berperan serta melaksanakan berbagai upaya melalui pembinaan teritorial sesuai amanat UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI yakni salah satu tugas TNI khususnya TNI AD dalam OMSP adalah pemberdayaan Wilayah pertahanan serta membantu tugas Pemerintah Daerah.

    Lebih lanjut Pangdam mengharapkan kegiatan yang dilakukan secara gotong royong ini dapat mewujudkan tujuan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat utamanya memiliki rumah yang layak dan nyaman serta dapat menangani masalah-masalah sosial kemanusiaan yang terjadi di Masyarakat.

    Setelah membuka kegiatan tersebut, Pangdam IX/Udayana langsung menuju ke rumah bapak Putu Sukrawan yang berada di Desa Joanyar Kecamatan Seririrt untuk melaksanakan peletakan batu pertama perehaban RTLH secara simbolis dan memberikan sembako kepada masyarakat setempat.

    Baca Juga:  Jelang Hari Raya TPID dan Polres Gianyar Sidak Pasar Tradisional

    Kepala Desa Joanyar saat menyambut Pangdam merasa terharu atas kehadiran dari pihak TNI dan Pemerintah Kabupaten Buleleng yang sudah memberikan perhatian khusus kepada warganya yang tidak mampu.

    Sementara, sebagai salah satu warga penerima rehab RTLH, Putu Sukrawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mengadakan kegiatan ini.

    “Utamanya kepada bapak-bapak TNI dan Pemkab Buleleng yang telah sangat memperhatikan rakyat kecil seperti kami ” ujarnya terharu.

    Baca Juga:  Ini Tujuan Warga Binaan Lapas Tabanan Ikuti Pelatihan Welding dan Furniture

    Selanjutnya, Pangdam IX/Udayana beserta rombongan menuju lokasi Keramba binaan Kodim 1609/Buleleng yakni Kelompok Nelayan Bina Karya (CV. Putra Bahari) yang merupakan salah satu Pilot Project Program Unggulan Ketahanan Pangan Kodim 1609/Buleleng berada di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak.

    Di lokasi tersebut, Pangdam meninjau Keramba Tancap Bandeng dan menebar benih/nener ikan bandeng. (rl/kb)

    Back to top button