BadungOlahraga

Ini Juara Rip Curl GromSearch 2023

    KUTA, Kilasbali.com – Kompetisi surfing tahunan Rip Curl GromSearch tahun ini berulang tahun yang ke-18 dan ratusan peselancar muda dari seluruh nusantara memadati Pantai Halfway Kuta akhir pekan lalu, 10-12 November 2023, untuk berkompetisi dalam acara yang paling ditunggu-tunggu yang dipersembahkan oleh Samudera Indonesia.

    Bersaing dalam lingkungan kompetitif yang menarik, aman dan bersahabat, para peselancar terbaik Indonesia menguji kemampuan mereka melawan beberapa pesaing panas asal luar negeri di semua divisi, termasuk U-16, U-14 dan U-12.

    Dikenal dengan ombaknya yang konsisten, Pantai Halfway Kuta menawarkan kanvas yang sempurna kepada para pesaing untuk menunjukkan keterampilan terbaik mereka dengan ombak setinggi 3 hingga 4 kaki.

    Pantai wisatawan Halfway Kuta dikunjungi oleh para peselancar lokal maupun mancanegara. Pantai ini merupakan salah satu spot surfing terbaik di Bali karena memiliki dua spot surfing serta ombak yang besar dan panjang.

    “Rasanya selalu luar biasa melihat seluruh peselancar muda di Indonesia berkompetisi di GromSearch. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Samudera Indonesia, sebagai perusahaan besar Indonesia yang mendukung peselancar Indonesia tingkat tertinggi seperti Rio Waida dan kini turut hadir mendukung generasi penerus surfing Indonesia. Peristiwa seperti ini menunjukkan bagaimana kerangka kerja yang kami mulai dengan para pengurus boardriders beberapa tahun yang lalu dengan ASC bekerja dengan sangat baik. Kesehatan selancar Indonesia saat ini sangatlah baik,” kata James Hendy, Presiden Direktur Rip Curl Indonesia.

    CEO sponsor utama acara, Bani Mulia, sembari menyapa seluruh peserta acara pada hari final di Pantai Kuta Minggu lalu, dengan bangga menjelaskan bagaimana Samudera Indonesia akan terus turut andil dalam mendukung pertumbuhan selancar di Indonesia.

    “Indonesia adalah bangsa yang besar, kita pun memiliki potensi yang begitu besar. Maka kita perlu bahu membahu dan saling mendukung satu sama lain. Mari kita mulai di Bali dan tunjukkan kepada saudara-saudari kita di seluruh Indonesia bahwa masa depan selancar di Indonesia sangatlah cerah,” ujar Bani Mulia.

    Baca Juga:  BIN, TNI/Polri, dan BNPT Sukses Jaga Situasi Kondusif Selama WWF ke-10

    Dylan Wilcoxen pada divisi U-16 putra tampil dengan sangat baik di menit-menit terakhir babak final dengan mencetak 12,00 poin mengklaim kemenangannya melawan sahabatnya Kalani Ryan (9,67), Rajo Saputra (9,33) dan Taije Lijestrom (7 ,30).

    Pada divisi putri U-16, peserta yang berasal dari luar negeri, Guo Jin Ting menempati posisi pertama dengan skor 7,73, disusul oleh Imari Hearn (5,90), Hanasuri Jabrik (5,87), dan Jasmine Studer (5,57 ). Baik Dylan maupun Hanasuri berhak memenangkan perjalanan ke Australia untuk mengikuti kamp pelatihan high performance bersama Surfing Australia setelah menjuarai divisi U-16 dan sebagai pemegang kartu kewarganegaraan Indonesia.

    Pada divisi U-14, Natan Johannes membukukan podium putra setelah ombak kedua terakhirnya mencetak 7,00 sehingga total heatnya menjadi 11,57 diikuti oleh Aditya Somiya (11,17), Riki Uemura (10,46) dan Kahea Isshiki ( 8,43). Sementara Kya Heuer mengklaim kemenangannya di Girls Under 14 setelah dia mencetak total 12,67 melawan Marshanda Nikijuluw (10,00), Nala Rabik (7,93), dan Zehansheng (6,60) di final.

    Baca Juga:  1.542 PPPK Guru-Nakes di Tabanan Jalani Pelantikan

    Di divisi U-12 puta, Darma Wisesa naik podium dengan total heat terbaik sepanjang acara dengan raihan 13,50 poin bersama Jasper Glossop (9,77), Agus Jho (9,26) dan Hiroshi Setiadi (3,67 ).

    Sementara itu Tasia Belyaeva meraih kemenangan divisi putri U-12 dengan total heat 10,40 disusul Paris Nalendra (7,54), Dian Septiari (6,97) dan Monster Chong (4,60).

    “Kami tidak hanya mengadakan rangkaian acara selama 3 hari pada tahun ini, namun para pemenang U-16 (putra dan putri) akan mendapatkan perjalanan yang didanai penuh ke Australia untuk kamp pelatihan high performance bersama Surfing Australia. Ini adalah kesempatan besar bagi para grom untuk berkembang sebagai atlet dan mendapatkan segala yang mereka butuhkan demi karier mereka. Acara luar biasa lainnya adalah Samudera Boardriders Tag Team, sebuah landasan penting bagi generasi peselancar Indonesia berikutnya demi mendapatkan dukungan dan platform untuk berlatih dan tumbuh dalam komunitas. Kami akan menjaga tradisi ini di GromSearch yang akan datang,” kata Harrison Mann, Manajer Produk & Pemasaran Rip Curl Indonesia.

    Pada kompetisi Rip Curl GromSearch tahun ini, Channel Island sebagai salah satu sponsor acara memberikan dua buah papan surfing Happy Everyday Grom Boards kepada dua kontestan yang menunjukkan performa baik meski tidak memenangkan kompetisi.

    Kontestan yang beruntung tersebut adalah Sang Bagus Made Subawa Girinatha Vijaya dan Marshanda Nikijuluw. Selain itu, Halfway Kuta Boardrider juga memenangkan uang tunai sebesar Rp 10.000.000 setelah unggul dari Denpasar Boardriders, Pererenan Boardriders, dan Mentawai Boardrider pada kompetisi Samudera Boardriders Tag Team dalam rangkaian Rip Curl GromSearch 2023.

    Baca Juga:  Indonesia Cetak Berbagai Rekor di WWF ke-10

    Hasil Kompetisi Rip Curl GromSearch 2023:
    Divisi U-16 (Putra):
    Dylan Wilcoxen (12,00 points, Indonesia)
    Kalani Ryan (9,67 points, Indonesia)
    Rajo Saputra (9,33 points, Indonesia)
    Taije Lijestrom (7,30 points, Hawaii)

    Divisi U-14 (Putra):
    Natan Johannes (11,57 points, Indonesia)
    Aditya Somiya (11,17 points, Indonesia)
    Riki Uemura (10,46 points, Indonesia)
    Kahea Isshiki (8,43 points, Indonesia)

    Divisi U-12 (Putra):
    I Gede Darma Wisesa (13,50 points, Indonesia)
    Jasper Glossop (9,77 points, Indonesia)
    I Wayan Agus Jho Ananta (9,26 points, Indonesia)
    Hiroshi Setiadi (3,67 points, Indonesia)

    Divisi U-16 (Putri):
    Guo Jin Ting (7,73 points, China)
    Imari Hearn (5,90 points, England)
    Hanasuri Jabrik (5,87 points, Indonesia)
    Jasmine Studer (5,57 points, Indonesia)

    Divisi U-14 (Putri):
    Kya Jo Heuer (12,67 points, Australia)
    Marshanda Nikijuluw (10,00 points, Indonesia)
    Nala Wedatari Rabik (7,93 points, Indonesia)
    Zehansheng (6,60 points, China)

    Divisi U-12 (Putri):
    Tasia Belyaeva (10,40 points, Russia)
    Paris Nalendra (7,54 points, Indonesia)
    Dian Septiari (6,97 points, Indonesia)
    Monster Chong (4,60 points, New Zealand)

    Boardriders Tag Team:
    1. Halfway Kuta Boardriders (30,23 points)
    2. Denpasar Boardriders (22,26 points)
    3. Pererenan Boardriders (18,13 points)
    4. Mentawai Boardriders (17,78 points)

    (djo/kb)

    Back to top button