Bangli

Gubernur Koster Serahkan BKK Miliaran Rupiah Hingga Hibahkan Aset

Bupati Bangli Dukung Koster-Ace 2 Periode

    BANGLI, Kilasbali.com- Gubernur Bali, Wayan Koster didampingi Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Koster-Ace) bertatap muka dengan masyarakat Bangli, tepatnya di Alun-Alun Kota Bangli, Minggu (26/2) malam.

    Kedatangan Koster – Ace tampak disambut gemuruh suara gamelan yang mengiringi Tari Berbarisan Pamendak Tamu, hingga pekikan ‘KBS (Koster Bali Satu) 2 Periode Jaya, Hidup Pakyan Koster’.

    Kunjungan Gubernur Koster ke Bangli ini untuk menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) senilai Rp. 80,71 miliar ke Pemerintah Kabupaten Bangli; bantuan aset sebanyak 10 bidang tanah seluas 3,05 ha dan 2 Unit Bangunan seluas 15,46 are yang dipergunakan untuk penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Bangli.

    Tak hanya itu, Koster juga menyerahkan BKK senilai Rp. 4,30 miliar kepada Pemerintah Desa se-Kabupaten Bangli untuk tambahan penghasilan perbekel dan perangkat desa; BKK senilai Rp. 50,4 miliar kepada 168 Desa Adat; dan BKK Rp. 4,87 miliar kepada 487 Subak dan Subak Abian se-Kabupaten Bangli.

    Dalam kesempatan itu, Gubernur Koster berpesan kepada Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta agar terus menjalankan program pembangunan yang baik untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Bangli dengan cara kerja yang cermat dan berhati-hati. Karena Bangli dipenuhi dengan warisan adiluhung, seperti ada Gunung Batur, Danau Batur, hingga peninggalan – peninggalan warisan budaya leluhur Bali.

    Oleh karena itu, lanjut dia, dalam pembangunan Bangli diperlukan konsep yang matang supaya pembangunan di Bangli bisa dilaksanakan secara holistik sesuai dengan karakteristik dan potensi alam Kabupaten Bangli. “Astungkara dalam kepemimpinan saya bersama Tjokorda Artha Ardana Sukawati di periode selanjutnya akan terus mengarahkan pembangunan di Kabupaten Bangli, karena Bangli adalah masa depan Bali,” katanya.

    Sementara itu, Bupati Bangli didampingi Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar menyampaikan, kehadiran Gubernur Koster dan Wakil di Kabupaten Bangli merupakan sebuah kehormatan luar biasa. Untuk itu, dirinya mewakili seluruh masyarakat Bangli mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Koster atas segala dukungannya di dalam mensukseskan di setiap program pembangunan daerah, khususnya di Bangli.

    “Sepanjang sejarah gubernur di Bali, belum pernah ada keberpihakan pemimpin Bali seperti Bapak Wayan Koster dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Bangli. Kerja yang dilakukan Bapak Wayan Koster sangat nyata,” ungkapnya.

    Dia menyebut, bantuan yang telah digelontorkan Gubernur Koster, yakni di tahun 2022 Kabupaten Bangli dibantu Rp. 60 miliar lebih yang bersumber dari dana APBD Semesta Provinsi Bali; tahun 2023 dibantu Rp. 80 miliar lebih yang bersumber dari dana APBD Provinsi Bali; dan selalu mengawal dan mengkomunikasikan setiap usulan pembangunan di Kabupaten Bangli ke Pemerintah Pusat, sehingga tahun 2023 ini Bangli mendapat DAK Fisik sebesar Rp. 140 miliar lebih dari APBN, dan ini merupakan raihan DAK tertinggi dari Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Bali.

    “Kami juga merasa bangga, karena di Tahun 2023 ini APBD di Kabupaten Bangli bisa menembus Rp. 1,3 triliun yang merupakan capaian APBD terbesar sepanjang sejarah Pemerintahan di Kabupaten Bangli,” ungkapnya.

    Untuk itu, pihaknya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas semua capaian pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Provinsi Bali dalam kepemimpinan Koster – Cok Ace dengan merealisasikan 44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru.

    “Bapak Gubernur Wayan Koster adalah putra terbaik Bali yang sangat visioner, sosok pekerja keras, selalu menggaungkan kerja cerdas, fokus, tulus dan lurus demi kesejahteraan masyarakat Bali. Jadi tidak ada lagi keraguan seluruh masyarakat Bangli untuk mendukung dengan totalitas Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati untuk memimpin Pulau Bali selama 2 periode ke depan,” pungkasnya. (jus/kb)

    Back to top button