Binter Terpadu, Kodim Gianyar Tanam 400 Pohon

Gianyar Sosial
Foto: Penanaman bibit pohon dalam Binter Terpadu Kodim Gianyar.

GIANYAR, Kilasbali.com – Kodim 1616/Gianyar dalam mengemban tugas pokoknya sebagai satuan komando kewilayahan melaksanakan pembinaan teritorial sebagai aplikasi tugas pokok satuan. Salah satu realisasinya yaitu program yang menjadi program Pembinaan Teritorial Terpadu atau Binter Terpadu.

Kali ini Binter terpadu yang dilaksanakan oleh Kodim Gianyar yakni karya bakti sosial penanaman 400 bibit pohon. Di antaranya jambu biji, cempaka, sirsak, mahoni dan albesia, Jumat (25/10/2019), di Desa Batubulan Kangin, Sukawati Gianyar.

Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf Frandi Siboro mengatakan, kegiatan karya bakti ini dimaksudkan untuk mendukung dan melanjutkan program penghijauan di wilayah Kabupaten Gianyar.

Menurutnya, kegiatan ini melibatkan unsur TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten Gianyar, warga Desa Batubulan Kangin dan pelajar sekolah serta komponen masyarakat lainnya.

“Kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) yang merupakan fungsi utama TNI AD dalam rangka mendukung tercapainya tugas pokok yang diimplementasikan melalui pemberdayaan wilayah melalui geografi, demografi dan kondisi sosial untuk menciptakan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh,” tegas mantan Kasi Teritorial Korem 163/Wira Satya ini.

Ditambahkannya, kegiatan Binter Terpadu tahun 2019 kali ini terpusat pada perbaikan senderan saluran irigasi yang ada di Subak Cemcem dan Subak Temoyang, dengan alokasi waktu selama 21 hari dengan melibatkan TNI, Polri, instansi terkait dan masyarakat.

“Hal ini kita lakukan untuk mendukung program pemerintah mewujudkan swasembada pangan, selain itu juga kita melakukan penghijauan di area lapangan SMP Negeri 3 Sukawati dan sekitarnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kakesbangpol Kabupaten Gianyar Ir. Dewa Gede Amerta yang mewakili Bupati Gianyar menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Binter Terpadu tahun 2019 Kodim 1616/Gianyar.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Gianyar sangat mendukung penuh kegiatan penghijauan ini dengan harapan ke depan kegiatan ini dapat dipelihara dan berkelanjutan sehingga Kabupaten Gianyar akan menjadi lebih indah sebagai salah satu daerah tujuan wisata,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Penjabat Kepala Desa Batubulan Kangin, I Wayan Jana yang menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1616/Gianyar beserta jajaran karena sudah memilih Desa Batubulan Kangin sebagai sasaran karya bakti.

“Besar harapan kita agar ke depan kegiatan ini dapat berkesinambungan bukan saja di desa kami tapi juga di desa lainnya di wilayah Kabupaten Gianyar, dengan harapan Gianyar akan menjadi lebih indah, Asri dan rindang,” harapnya. (jus/kb)