Akhir Tahun, Pemkab Gianyar Gelontorkan Sembako Jumbo

Gianyar Sosial
Sembakao Jumbo

GIANYAR, Kilasbali.com – Hingga akhir tahun 2020, dampak pandemi Covid-19 masih menjadi ganjalan masyarakat. Karena itupula, Pemkab Gianyar tidak henti memberi beragam bantuan, seperti pembagian paket sembako. Paket sembako jumbo yang sudah sukses dibagikan sebanyak dua tahap, di akhir tahun ini untuk ketiga kalinya kembali dibagikan kepada 31.500 KK.

Bupati Gianyar, Made Agus Mahayastra mengungkapkan, seluruh paket sembako sudah siap dibagikan pada masing-masing lokasi di tujuh kecamatan. Sebelum dibagikan, paket ini masih dikumpulkan di tempat penampungan di tujuh kecamatan.

“Ceremonialnya nanti saya dari Ubud, dan saat ini beras sudah masuk minyak masuk, kopi masuk, tinggal packing saja. Untuk paket yang akan dibagikan itu masing-masing tempat pendistribusian,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pemangku Pura Alas Harum Nyaris Tertimpa Pohon

Disebutkan, proses packing kali ini dilakukan pada tempat penampungan masing-masing kecamatan. “Jumlahnya 31.500 KK setelah kita bulatkan. Dibagikan kepada mereka yang telah menerima dan mereka tercecer yang belum mendapatkan sebelumnya,” sambung Mahayastra.

Dalam kesempatan itu untuk yang tercecer disebutkan sebanyak 900 kepala keluarga, namun setelah verifikasi yang berhak mendapatkan sebanyak 700 kepala keluarga saja. “Seperti sebelumnya, siapa yang belum dapat silahkan daftar ke bupati. Sehingga yang terverifikasi dapat 700 yang berhak,” imbuhnya.

Ditegaskan, bantuan paket sembako yang ketiga kalinya ini bukan yang terakhir. Karena tidak menutup kemungkinan akan berlanjut dengan melihat situasi perekonomian masyarakat.

Baca Juga:  SAH!!! Jaya-Wira Pemenang Pilkada Tabanan 2020

Dalam proses pembagiannya pun langsung diawasi oleh pihak badan pemeriksa keuangan, kepolisian hingga kejaksaan, supaya dalam pembagian maupun pembelian paket tidak ada yang menyalahgunakan kebijakan.

“Sejak pembagian sembako yang pertama, sudah diawasi ketat, baik dari BOK, kejaksaan, kepolisan. Monitoronnya pun terukur, jika paket berasnya kurang dari 20 kilo gram, tinggal cari rekanannya. Polda juga kami minta ikut aktif mengawasi,” tegasnya.

Disebutkan pula, paket sembako ini masih tetap berukuran jumbo dengan isian beras sebanyak 20 Kg, 2 kg Gula, 1Kg Kopi, 4 kaleng Susu, 5 buah Sabun mandi, dan 2 liter minyak Goreng. Semua bantuan yang diberikan kepada masyarakat merupakan barang yang dibeli dari masyarakat Gianyar atau produk hasil petani Gianyar terkecuali minyak dan sabun.

Baca Juga:  Hadir Motivasi Petani, Babinsa Kodim Bangli Lakukan Ini

“Yang mendapatkan semua warga kecuali ASN, TNI, Polri,” ucapnya. Dalam penyaluran bantuan sembako tahap ketiga ini, Pemkab Gianyar menggelontorkan dana Rp 13 miliar. (ina/kb).