Karangasem

Penyineban Karya Ngusaba Kadasa Pura Ulun Danu Batur

    BANGLI, Kilasbali.com – Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra menghadiri Upacara Penyineban Karya Ngusaba Kadasa Pura Ulun Danu Batur, Jumat (5/4) sore didampingi Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali.

    Terlihat Dewa Made Indra mengikuti seluruh rangkaian upacara penyineban yang merupakan rangkaian akhir Karya Ngusaba Kadasa Pura Ulun Danu Batur. Sebelumnya Karya Ngusaba Kadasa Pura Ulun Danu Batur telah dimulai sejak 10 Maret 2024 dengan pelaksanaan upacara Netegang dan akan berakhir pada 8 April 2024 setelah pelaksanaan Bakti Patetami / Ngantukang Ida Bhatara Lingsir Mewali Nyujur Jambudwipa Mandala. Sementara puncak karya telah berlangsung pada 24 Maret 2024 lalu.

    Upacara penyineban sendiri diawali dengan Bakti Pepranian dari krama desa adat Batur yang merupakan bentuk wujud syukur karena rangkaian karya Ngusaba Kedasa telah berjalan dengan baik dan lancar.

    Dilanjutkan dengan upacara Nuek Bagia Pulakerti, Mralina Sampian miwah Mendem Bagia Pulakerti dan Bakti Patingkeb miwah Ngeluhur Ida Bhatara-Bhatari.

    “Pertama sebagai ungkapan rasa syukur kita atas pelaksanaan upacara Ngusaba Kadasa yang sudah berjalan lancar. Kedua ungkapan syukur kita karena selama setahun panen sudah berlimpah,” jelas Manggala Prawartaka Karya Ngusaba Kadasa, Jero Gede Batur Duhuran memaknai Pelaksanaan Bhakti Pepranian yang sedang berlangsung.

    Lebih lanjut Jero Gede Batur Duhuran juga menyampaikan terima kasih kepada umat sedharma yang begitu antusias datang untuk melakukan sembah bhakti di Pura Ulun Danu Batur bahkan hingga malam dan pagi hari.

    Terkait kemacetan yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Karya Ngusaba Kadasa, ia pun meminta permakluman dari seluruh pihak. Namun secara umum Jero Gede Batur menilai pelaksanaan Karya Ngusaba Kadasa Pura Ulun Danu Batur telah berjalan dengan sangat baik.

    Pelaksanaan Karya Ngusaba Kadasa Pura Ulun Danu Batur ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak termasuk masyarakat dan pemerintah.

    Jero Gede Batur menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Bali dan Seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Bali telah melaksanakan Bhakti Penganyar begitu pun dengan bantuan punia.

    Ia menyampaikan punia yang terkumpul akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pelaksanaan yadnya di Pura Ulun Danu Batur.

    Tidak lupa ia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Bali dalam pelaksanaan karya Ngusaba Kadasa Pura Ulun Danu Batur.

    “Saya menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Bali yang selalu membantu Karya Ngusaba Kadasa yang kami laksanakan tahun ini semoga pelaksanaan pemerintahan Bali dapat Ajeg dan Rahayu,” jelasnya. (m/kb)

    Back to top button