GianyarPeristiwaSosial

Belasan Cewek Kafe Jalani Test HIV

    GIANYAR, Kilasbali.com – Memerangi kasus HIV/Aids yang jumlahnya semakin membengkak, belasan cewek pelayan kafe di Gianyar, menjalani tes, Rabu (12/10) malam.

    Langkah ini diambil petugas gabungan, lantaran keberadaan kafe remang-remang menjadi  salah satu lokasi rawan penularan.

    Dalam kegiatan ini, pengelola kafe juga diminta aktif dalam mengantisipasi penyebaran penyakit mematikan ini sembari tetap menjalani prokes.

    Saat didatangi petugas dari instansi terkait, belasan wanita pelayan kafe Cafe D’djarot, Kedai Karaoke Airion, Cafe Cang, di Ketewel, cukup kooperatif. Mereka duduk berbarisan, menunggu giliran pengambilan darah.

    Baca Juga:  WNA Sewakan Motor Lengkap dengan Instruktur

    Meski ada yang takut dengan jarum suntik, mereka tetap menjalani test. Identitas wanita ini  pun dicatat, namun kerahasiaannya tetap dijamin.

    Tes HIV  ini digelar, lantaran kasus HIV/Aids di Gianyar mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Terlebih lagi, keberadaan kafe remang-remang, yang berpotensi adanya perilaku seks bebas.

    Pada kesempatan ini, pihak pengelola kafe juga diminta berperan aktifnya. Karena upaya penanggulangan HIV/AIDs membutuhkan keterlibatan semua pihak secara  menyeluruh intensif dan terpadu.

    Baca Juga:  Diduga Tersambar Petir, Pura Ratu Gede Bima Sakti di Beraban Kebakaran

    Seizin Kapolsek Sukawati, Kompol. Decky Hendra Wijaya, Bhabinkamtibmas Desa Ketewel Aipda I Kadek Sipin Wijaya, mengungkapkan, kegiatan berlangsung ketat dan lancar.

    Terlebih pengambilan Tes HIV atau juga sering disebut dengan VCT (Voluntary Counseling and Testing) ini,  mendapat pengawalan petugas kepolisian dan TNI. “Kafe yang disasar, di wilayah Desa Ketewel,” ungkapnya.

    Disebutkan,  tes VCT dalam rangka upaya menekan kasus HIV/AIDS dan penyakit menular seksual lainnya.  Dilaksanakan dengan mengambil sampel darah para pelayan dan pengelola kafe sebanyak 15 orang.

    Baca Juga:  ‘Pemprov Bali Hadir’ Bantu Dua Warga Kurang Mampu

    Kemudian, hasil sampel akan dites di Laboratorium oleh tim Puskesmas Sukawati 1.

    “Pada kesempatan ini, kami  juga mengingatkan agar  para pelayan dan pengelola kafe   selalu mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (ina/kb)

     

    Back to top button

    Berita ini dilindungi