Koster: Fasilitas Kesehatan Memadai Selama Libur Nataru

Denpasar News Update
Gubernur Bali Wayan Koster

DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan, fasilitas kesehatan selama libur Natal dan Tahun Baru 2021 si Bali memadai. Untuk yang bergejala Covid-19 dan harus dirawat di rumah sakit, kapasitas rumah sakit sekarang terpakai dibawah 50 persen.

“Bed Occupation Rate masih dibawah 50 persen. Banyak kamar yang kosong. Kemudian untuk fasilitas uji Swab kita cukup memadai di Bali,” sebut Koster di Jayasabha, Selasa (15/12/2020).

Menurut Koster, uji Swab bisa mencapai 4.000 sampel lebih per hari. Dalam waktu paling lama 2×24 jam.

Baca Juga:  Vaksinasi Nakes RSUD Sanjiwani Ditarget Kelar Tiga Bulan

“Dan untuk Swab dengan PCR ini kita akan menyiapkan layanan khusus, disiapkan di rumah sakit maupun lab-lab kesehatan yang menyelenggarakan uji Swab bagi para peserta perjalanan dalam negeri. Bagi yang positif, Pemprov Bali juga telah menyediakan tempat karantina,” sebutnya.

Terkait klaster baru Koster menyatakan klaster baru Covid-19 di Bali sudah masuk ke inti keluarga.

“Kemarin ketika Politeknik Transportasi Darat miliknya Kementerian Perhubungan membuka pendaftaran untuk perkuliahan, dari 311 orang mahasiswa sebanyak 238 itu positif di situ. Dan ini betul-betul klaster baru yang menimbulkan klaster baru lagi,” imbuhnya.

Baca Juga:  Vaksinasi Covid-19 di Denpasar Telah Diikuti 535 Nakes

Koster juga menjelaskan, 238 itu sendiri klaster baru di kampus, dan ini sudah bersentuhan kemana-mana, dan pasti ada klaster baru lagi.

“Dan kita sudah meningkatkan tracing, testing,dan treatment. Jadi kita terus melakukan itu sehingga tadinya kita di Bali sempat kasus baru positif covid dibawah seratus. Sempat beberapa minggu belakangan itu menembus angka 200, diatas 100. Nah ini tentu menjadi fokus perhatian kita semua,” pungkasnya.(sgt/kb)