GianyarKriminal

Nama Kasi Intel Kejari Gianyar Dicatut, ASN Nyaris Tertipu

    GIANYAR, Kilasbali.com – Aksi tipu-tipu di media sosial (medsos) rupanya masih dilakukan para pelaku kejahatan. Terlebih dengan mencatut nama pejabat penegak hukum, seperti halnya yang dialami seorang ASN di lingkungan Pemkab Gianyar. ASN ini nyaris menjadi korban setelah menerima wa  dari orang yang mengaku Kasi Intel Kejaksaan Negeri (Kejari) Gianyar, I Gede Ancana.

    Dari keterangan yang diterima, Kamis (12/8/2021), ASN ini sempat percaya jika orang yang mengirim pesan via WA adalah I Gede Ancana.

    Baca Juga:  PDI Perjuangan Gianyar Dukung Koster-Ace Dua Periode

    Apalagi dalam akun WA tersebut memasang nama Ancana sebagai Display Name, sehingga terkesan bahwa  nomor tersebut memang milik Kasi Intel Kejari Gianyar.

    Kantor Kejari Gianyar

    Namun, kecurigaan ASN ini pun timbul ketika akun WA penipu tersebut mencoba meminta sejumlah uang karena akan kedatangan tamu dari Kejaksaan Agung.

    Disebutkan jika uang itu akan digunakan untuk membayar fasilitas hotel para tamu dengan iming-iming akan mendapatkan mitra hukum kedepannya.

    Baca Juga:  Pameran Bonsai di Lapangan Tulikup Gianyar

    Kasi Intel Kejari Gianyar, I Gede Ancana yang dihubungi terpisah, membenarkan perihal peristiwa tersebut. Menelusuri, pemilik akun tersebut melalui nomor telepon, terindentifikasi jika lokasinya ada di Jawa Barat.

    Disebutkan, pencatutan namanya pada akun WA bukan baru pertama kali terjadi. Sebab saat bertugas di Sulawesi dulu, peristiwa serupa juga pernah terjadi.

    “Syukurnya, masyarakat kini sudah pada mengerti dan berhati-hati. Karena penipuan sejenis ini sujatinya sudah lama dijadikan modus oleh pelaku kejahatan,” ungkapnya.

    Baca Juga:  Gondol Safety Box Resto, Pria Ini Ditangkap Polisi

    Pada kesmepatan ini, dirinya mengimbau kepada teman-teman, kolega, atau siapapun yang mengenalnya untuk langsung melakukan konfirmasi kepada dirinya apabila ada akun WA yang mengatasnamakan dirinya.

    Apalagi sampai meminta uang dan membawa-bawa nama pimpinan.

    “Saya juga sudah menyampaikan hal ini  kepada pimpinan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi