GianyarNews Update

Satuan Polair Polres Gianyar Selamatkan Ribuan Telur Penyu

Satuan Polair Polres Gianyar

GIANYAR, Kilasbali.com – Penyisiran sarang telur penyu yang dilaksanakan jajaran Satuan Polair Polres Gianyar menuai hasil yang menakjubkan. Dalam hitungan sebulan, sembari patroli di wilayah pantai, petugas sudah berhasil telur penyu mendekati angka seribu butir. Untuk selanjutnya hingga proses penetasan, telur hewan dilindungi ini diamankan di Penangkaran Swadaya Pantai Siyut.

Kasat Polair Polres Gianyar, AKP I Wayan Antariksawan, Kamis (9/6) membenarkan jika jajarannya berhasil menyelamatkan ratusan telur penyu. Disebutkan, jika telur ini dibiarkan di alam bebas, maka sangat riskan. Karena bisa makan anjing, biawak atau diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, pihaknya pun rutin menggelar patroli bersama pemerhati penyu untuk mencari telur penyu yang akan ditetaskan di penangkaran. Setelah menetas akan dikembalikan laut.

Baca Juga:  IEG Gandeng MIX Sosialisasi Hak Siar Program FIFA World Cup 2022 dan EPL

“Penyu KAN tergolong hewan dilindungi, harus diperhatikan kelangsungannya. Dimana perhatian tersebut bukan hanya pada penyu itu sendiri. Tetapi juga pada telurnya. Dalam sebulan terakhir ada 932 butir kita amankan,” ujar Antariksa.

Pihaknya pun bersyukur lantaran yang membantunya mencari sarang telur penyu ini, juga datang dari para pemancing. Seperti pada Senin 6 Juni 2022 pukul 15.00 Wita, pihaknya mendapatkan informasi dari pemancing di Pantai Siyut, bahwa ditemukan adanya sarang telur penyu.

“Kami berburu berdasarkan informasi bahwa diduga ada sarang telur penyu, karena di sekitarnya ada anjing liar yang sedang menggali pasir. Setelah ditelusuri ternyata anjing tersebut telah menemukan tempat yang diduga sebagai sarang bertelurnya penyu,” ujarnya. (ina/kb)

Baca Juga:  PDIC X/2022, Unite Be Better and Stronger

 

Berita Terkait

Back to top button